Proses Pengganti Sandiaga Uno akan Dipercepat

270

JAKARTA (Garudanews.id) -Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta, M Yuliadi memastikan, proses pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta akan dibahas lagi. Terlebih, saat ini telah dibentuk panitia khusus (pansus) pemilihan Wagub yang dipimpin ketua fraksi Hanura, M Ongen Sangaji.

“Sudah (komplit semua). Kan Senin, tanggal 20 sudah mulai kerja, mulai rapat pertama. Jumlah timnya. kalau nggak salah, 35 orang,” ujar Yuliadi, di gedung DPRD DKI Jakarta, Jum’at (17/5).

Dalam rapat pertama ini, ungkapnya, Pansus pemilihan Wagub akan mengundang lagi perwakilan Kementerian Dalam Negeri. Sebab, ungkapnya, diperlukan masukan agar mekanisme tata cara pemilihan wagub dan pembuatan tata tertib sesuai perundang-undangan.

“(Lamanya), tergantung kerjanya pansus. Kalau sesuai PP 12/2018, pansus itu maksimal 6 bulan,” tegasnya.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik mengatakan, pihaknya ingin segera merampungkan proses pemilihan wagub dalam waktu dekat ini. Dia akan mendorong pansus agar segera membentuk tim untuk membuat tata tertib (Tatib) pemilihan pengganti Sandiaga Uno.

“Saya telah meminta kepada ketua Pansus agar segera merampungkan tugas-tugasnya agar prosesnya berjalan cepat. ’Saya minta susunan panitia segera dirampungkan,” ucapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI itu mengungkapkan, setelah lebaran kemungkinan besar proses pemilihan Wagub berlangsung dalam sidang paripurna dewan di Kebon Sirih.

’’Untuk calon, lihat saja ya nanti. PKS – PKS juga boleh, PKS Gerindra boleh, atau PKS dengan partai lain silakan,’’ tuturnya.

Terpisah, Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Mohamad Ongen Sangaji berjanji akan secepat mungkin melakukan pembahasan tatib pemilihan wagub. Pihaknya akan rapat secara marathon untuk merampungkan tata cara. ’’Pokoknya, kami kerjakan cepat. Pak Anies, sabar aja, jangan buru-buru. Ikuti aturan main di DPRD DKI,’’ beber dia.

Ketua DPD Partai Hanura DKI itu menegaskan, paripurna pemilihan Wagub DKI bisa diselenggarakan bulan Ramadan atau bisa juga setelah lebaran, yang penting Pansus dapat menjalankan tugasnya. Terkait calon wagub, Ongen mematikan tetap dari PKS, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. (HNN)

Anda mungkin juga berminat