Dominasi Polwan Pada Polsub Sektor Memberikan Warna Baru Di Tengah Masyarakat

625

BEKASI, (Garudanews.id) – Keberadaan Polsub Sektor sangat membantu Polsek dalam menangani dan membantu menyelesaiakan berbagai permasalahan ditengah masyarakat. Polsub Sektor Pekayon Jaya sendiri dibawah koordinasi langsung Polsek Bekasi Selatan. Polsub Sektor yang berdiri sejak 26 Maret 2006 ini tugas pokoknya yang tidak kalah sulit dengan petugas polisi laki-laki.

Kapolsek Bekasi Selatan Kompol. Bambang. SM menuturkan bahwa keberadaan Polsub Sektoe Pekayon Jaya sendiri adalah untuk menangani berbagai permasalahan ditengah masyarakat yaitu, Penjagaan, Patroli, Problem Soffing dan Dor To Dor Sistem (DDS).

“Hinga saat ini alhamdulillah anggota pospol tetap eksis dan semangat, mengingat pospol kita ini adalah sebagai contoh bagi seluruh pospol Indonesia yang baru diawaki oleh polwan dan dinas selama dua puluh empat jam,” kata Kapolsek Bekasi Selatan Kompol. Bambang SM,  saat ditemui di Polsub Sektor Pekayon Jaya, Selasa (25/06).

Polsub Sektor Pekayon Jaya sendiri dijaga selama 24 jam dengan jumlah anggota 5 personil polwan yang siaga di Pospol. Dengan jumlah keseluruhan 10 anggota Polwan berjaga secara bergantian.

“Untuk pembagian sift tidak ada, hanya dua puluh empat jam itulah diawaki oleh 10 anggota,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Polsub Sektor Pekayon Jaya Aiptu Umi Reswati menuturkan bahwa telah banyak suka duka yang ia lalui selama 12 tahun bertugas di Polsub Sektor Pekayon Jaya.

“Piket dua puluh empat jam juga karena harus meninggalkan keluarga dan berkurang waktu untuk keluarga, namun demi tugas jadi harus dijalankan, namun suka juga karena saya nyaman, saya sudah merasa menyatu dengan masyarakat,” ujar Aiptu Umi.

Kapolsub Sektor Pekayon Jaya Aiptu Umi berkunjung ke gereja Filadelfia Pekayon dan diterima pendeta bersama pengurus gereja

Menurutnya, selama ia menjabat sebagai Kepala Polsub Sektor Pekayon Jaya, berbagai permasalahan ditengah masyarakat dapat terselesaikan secara persuasif.

“Masyarakat sekarang sudah tidak sungkan lagi untuk datang kepada kami untuk mengadukan atau sekedar konsultasi, Ada perkembangan selama tiga tahun pertama dengan keberadaan pospol pekayon, setelah tiga tahun, hampir segala permasalahan teruta problem sofing sangat berkurang,” tambahnya.

Dikatakan Aiptu Umi Reswati bahwa kepolisian ditingkat kelurahan tersebut akan menampilkan wajah familiar dan ramah terhadap masyarakat. Selain itu, Polsub Sektor Pekayon juga selalu berkoordinasi dengan pihak lain dalam menjaga kondusifitas lingkungan.

Sementara itu, menurut Abraham Radja, salah seorang warga Pekayon Jaya yang juga pendeta gereja Filadelfia menuturkan bahwa keberadaan Polsub Sektor Pekayon Jaya sangat membantu, terutama disaat para jemaatnya melaksanakan ibadah.

“Kami sangat bersukur karena didalam setiap kegiatan secara khusus baik kalau kegiatan keagamaan ataupun hari raya, ibu-ibu polwan ini selalu siap menolong sehingga kami menjalankan ibadah dengan tenang,” ungkapnya

Selain itu, dikatakan Abraham bahwa kehadiran para polwan juga tidak kalah pentingnya dengan polisi laki-laki dalam mengamankan wilayahnya.

“Sebagai masyarakat kami merasa sangat dibantu dalam hal keamanan walaupun mereka perempuan tapi mereka punya kegiatan yang rutin mengawasi lingkungan dengan baik,” ujar Abraham.

Sekedar diketahui bahwa Posub Sektor Pekayon Jaya Bekasi Selatan inten melakukan berbagai kegiatan di wilayah Pekayon Jaya. Diantaranya ialah dengan menyambangi warga dan tokoh masyarakat di lingkungan Polsub Sektor Pekayon Jaya. Hal tersebut dilakukan agar semakin terciptanya hubungan harmonis antara kepolisian dengan masyarakat, terlebih lagi, seluruh anggota Polsub Sektor Pekayon Jaya merupakan kaum hawa yang mampu berkomunikasi secara kekeluargaan dengan lebih baik. (Mam)

Anda mungkin juga berminat