Memutus Mata Rantai Percaloan, Kelurahan Marga Mulya Lakukan Pelayanan Keliling Ke Masyarakat

407

BEKASI, (Garudanews.id) – Ketidaktahuan masyarakat dalam mengurus surat di pemerintahan, banyak dimanfaatkan oleh oknum calo yang ingin mendapatkan keuntungan. Hal tersebut memberikan ruang bagi oknum tertentu untuk melakukan pungli. Selain tidak mengertinya masyarakat dalam pengurusan surat, jarak dan waktu dinilai menjadi penyebab banyaknya calo dalam pengurusan surat di pemerintahan.

Mengurangi praktik percaloan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, aparatur pemerintah bawah, dalam hal ini kelurahan mencoba dengan menyambangi masyarakat serta memberikan sosialisasi tata cara pengurusan surat di pemerintahan.

“Kami menjawab keluhan masyarakat dengan membuka konsultasi kepada masyakat dalam hal pelayanan bagi masyarakat yang tidak tahu menahu dalam pelayan,” ujar Lurah Marga Mulya, Bekasi, Yushistira kepada  media, Sabtu (15/06)

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa program tersebut juga untuk memutus mata rantai percaloan yang marak di kota Bekasi, serta memberikan layanan kepada masyarakat dan sinergitas antara aparatur pemerintahan dengan masyarakat.

“Mendekatkan diri terhadap masyarakat dlm melayani masyarakat, Menciptakan tidak ada jarak antara aparatur dan masyarakat, Memberikan yg terbaik sepenuh hati buat masyarakat,” tambah Yudis.

Kelurahan Marga Mulya membagi jadwal petugas untuk keliling terjun ke masyarakat memberikan pemahaman dan sosialisasi.

“Petugas keliling di spot-spot di area publik terbuka,” tandasnya.

Sekdar diketahui, berbagai pelayanan saat ini sudah menggunakan banyak teknologi. Program Smart City yang digadang-gadang oleh Pemkot Bekasi belum menunjukkan peningkatan signifikan dalam pelayanan. Hal tersebut terlihat dengan terjunnya aparatur pemerintahan di tingkat kelurahan ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi. (Mam)

Anda mungkin juga berminat