Naiknya Tarif Tiket Pesawat Berdampak Pada Pertumbuhan Ekonomi Daerah

265

JAKARTA (Garudanews.id) – Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian mengungkapkan, dampak kenaikan tarif tiket pesawat selama beberapa bulan terakhir ini ternyata berpengaruh pada laju pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal itu terlihat dari melesunya pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di berbagai daerah. Padahal, ekraf merupakan salah satu penunjang untuk menghidupkan perekonomian daerah.

“Selain berpengaruh kepada sektor pariwisata, kenaikan tiket pesawat juga berpengaruh kepada ekraf di daerah. Sebab, mereka harus mengirimkan produk-produknya ke luar daerah dengan biaya pengiriman yang cukup tinggi,” ungkap Hetifah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (20/6)

Sebagai solusi konkret, Hetifah berharap ada kebijakan afirmatif dari pemerintah maupun pihak maskapai, agar tingginya tarif tiket pesawat ini tidak berpengaruh signifikan pada sektor ekonomi kreatif.

“Pemerintah perlu memikirkan hal ini, karena sudah menjadi keluhan pelaku ekraf hampir di seluruh daerah, khususnya mereka yang berada di luar pulau Jawa,” tegas Hetifah Sjaifudian.

Sebelumnya,  BPS mencatat kenaikan harga tiket pesawat sejak awal tahun lalu merupakan fenomena yang tidak biasa.  Kenaikan tersebut bahkan telah menyumbang inflasi sebesar 9 persen. (Red)

Anda mungkin juga berminat