Pembangunan Infrastruktur Jadi Pendukung Lancarnya Arus Mudik 2109

260

SEMARANG (Garudanews.id) – Mudik lebaran 1440 Hijriyah, merupakan sejarah baru keberhasilan pemerintah dalam membangun infrastruktur pendukung.

Yanto (55) warga Semarang mengaku puas dengan pembangunan infrastruktur pemerintahan Joko Widodo.

“Mudik sekarang kami tidak bermacet macet ria lagi. Selain kebijakan one way yang diberlakukan oleh Jasa Marga dan Kemenhub, paktor lain adalah Jalan Tol Trans Jawa menjadi salah satu pendukung mudik kali ini lancar, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucap Yanto kepada garudanews.id, Rabu (5/6).

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, bersyukur penyelenggaraan arus mudik tahun ini bisa lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurutnya, kelancaran tidak lain karena pembangunan infrastruktur yang menghubungkan kota ke kota baik di Pulau Jawa maupun Sumatera, dan penyiapan strategi-strategi untuk mengurai kemacetan.

“Tahun 2019 merupakan suatu pembuktian bahwa pembangunan infrastruktur sangat berguna bagi masyarakat dari kota ke kota. Terbukti perjalanan mudik tahun ini dari Jakarta ke Semarang 6 jam, Jakarta ke Solo 8 jam, Jakarta ke Surabaya kurang dari 10 jam. Hal yang sangat menggembirakan terutama bagi pemudik,” ujar Budi, di Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2019, Kementerian Perhubungan (Kemhub), Jakarta, kemarin sore (Selasa, 4/6).

Selain segi infrastruktur, keberhasilan penyelenggaraan arus mudik tahun ini juga karena kerjasama yang baik antar pemangku kepentingan.

“Saya mengapresiasi kerjasama Pemerintah Pusat dengan Polri, Pemda yang turut membantu kelancaran mudik. Mereka bekerja dengan baik seperti tidak terjadi kemacetan di pasar tumpah, bahkan wilayah Nagrek yang biasanya macet, kemarin ini lancar,” tuturnya.

Untuk menghindari puncak arus balik, Menhub meminta para pemudik untuk kembali ke Jakarta pada 6 atau 7 Juni atau lebih awal usai Lebaran berlangsung pada 5 Juni.

“Puncak arus balik diprediksi pada tanggal 8 dan 9 Juni, karenanya saya menganjurkan para pemudik untuk kembali ke Jakarta tanggal 6 atau 7 Juni,” ujar Menhub. (Red)

Anda mungkin juga berminat