Pengamat: Putusan MK akan berimplikasi luas bagi masyarakat

Sidang Gugatan PHPU Pilpres 2019

246

JAKARTA (Garudanews.id) – Sejumlah pihak berharap agar putusan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang sengketa Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dapat diterima oleh kedua kubu. Baik pemohon dalam hal ini kuasa hukum Prabowo-Sandi maupun kubu Jokowi-Ma’ruf.

“Namun demikian, apapun keputusan MK baik itu menolak atau mengabulkan gugatan, tentunya akan berimplikasi luas terhadap masyarakat. Apakah akan bergolak kembali atau atau menerima dengan lapang dada. Namun kami memprediksi dalam beberapa hari pascaputusan MK nanti akan menjadi hal yang krusial,” uajar pengamat kebijakan administrasi publik, Bambang Istianto kepada garudanews.id, Sabtu (22/6).

Kendati demikian,  Bambang berharap agar hakim memiliki perspektif awareness (kesadaran) ke depan. Agar kebijakannya dalam mengambil suatu keputusan benar-benar mempertimbangkan beberapa aspek. Karena, kata dia, memilih pemimpin itu bukan hanya sekedar berfikir untuk lima tahun ke depan, akan tetapi bagaimana dampak kebijakannya setelah lima tahun yang akan datang. Apakah berbuah positif atau justru sebaliknya.

Berdasarkan saksi dan fakta yang di hadirkan oleh ke dua belah pihak dalam persidangan, Bambang menilai secara kwantitatif banyak saksi dan gugatan diajukan kubu Prabowo-Sandi yang terbantahkan. Namun dari kubu Prabowo-Sandi  sendiri mempersoalkan status Kyai Ma’ruf Amin di dua anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurut dia, tinggal bagaimana kejelian hakim dalam memandang persoalan tersebut.

“Tesisnya begini, jika tidak terjadi gejolak, putusan hakim dinilai dapat memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat. Sebaliknya, meski ada gejolak akan tetapi dapat dikendalikan, menunjukan variabel bahwa pemerintah mampu menjaga stabilitas nasional,” kata Direktur Center of Public Policy ini. (Mam)

 

 

 

 

 

 

 

 

Anda mungkin juga berminat