Pengelola Dana Desa Diminta Kedepankan Transparasi Anggaran

201

ROTE NDAO (Garudanews.id) – Guna mengetahui seberapa efektif penggunaan Dana Desa di Kabupaten Rote Ndao Nusa Tenggara Timur (NTT) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melakukan monitoring dan evaluasi langsung ke desa-desa di Kabupaten tertimur Indonesia itu.

Dalam monitoring tersebut Kepala Dinas PMD James Therik didampingi Sekretaris
Dinas PMD Kabupaten Rote Ndao Handry Bessi meninjau beberapa Desa di Kecamatan Rote Selatan.
Desa pertama yang di kunjungi adalah Desa Daleholu.

Dalam kunjungan tersebut James Therik berdialog dengan masyarakat di sekitar lokasi pembangunan rumah layak huni terkait manfaat Dana Desa.

Setidaknya ada Lima unit rumah layak huni yang dibangun di wilayah tersebut sudah mencapai tujuh puluh lima persen.

Usai memantau progress pembangunan rumah layak huni di Desa Daleholu tim monev bergerak menuju Desa Inaoe untuk melihat pengelolaan Dana Desa di wilayah tersebut.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas PMD di dampingi Kepala Desa Inaoe Ferdinan Siokain bersama masyarakat dan awak media mengunjungi salah satu tempat wisata di Desa Inaoe yakni Pantai Perawan.

“Kami sangat mengapresiasi kepada para Kepala Desa se-Kabupaten Rote Ndao yang telah memalukan eksekusi yang baik terhadap program rumah layak huni yang didanai dari Dana Desa,” ujar Kepala Dinas PMD Kabupaten Rote Ndao James Therik, Kamis (20/6).

James Therik juga menyamapaikan penghargaan kepada penerima fanfaat yang menerima Dana Desa mau berswadaya dapat menyelesaikan tepat waktu dan mau menempati rumah yang sudah dibangun menggunakan Dana Desa.

James therik mengingatkan pemerintah Desa agar kedepan Dana Desa di prioritaskan pada kebutuhan-kebutuhan yang mendasar masyarakat melalui proses perencanaan partisipatif yang melibatkan masyarakat.

Pada kesempatan itu juga mengajak Kepala Desa agar mengedepankan prinsip transparansi pengelolaan Dana Desa.

“Sehingga semua masyarakat Ikut mengawasi Dana Desa maka dengan demikian semua yang diprogramkan akan di eksekusi sesuai dengan target,” harapnya (Dance Henukh)

Anda mungkin juga berminat