Fenomena El-nino Lemah, Wilayah Jonggol Bogor Alami Kekeringan Parah

380

BOGOR (Garudanews.id) – Adanya Fenomena El-nino Lemah mengakibatkan wilayah Jonggol Kabupaten Bogor mengalami kekeringan parah hingga tiga bulan kedepan. Jonggol menjadi salah satu kecamatan yang dipantau oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Fenomena El-nino Lemah terjadi karena perbedaan suhu dipermukaan laut Samudra Pasifik dan Laut Indonesia. Dengan kondisi suhu permukaan laut yang dingin, maka awan akan lebih sulit terbentuk. Kemarau tahun ini lebih kering, karena biasanya meski kemarau terkadang masih terdapat hujan, namun untuk tahun ini sudah dua bulan belum hujan sama sekali,” kata Kasi Data dan Informasi pada BMKG Bogor, Hadi Saputra kepada garudanews.id, Selasa (23/7)..

Kata Hadi, saat ini pihaknya semakin sulit memprediksi dan membaca pola fenomena iklim yang ada. Karena fenomena cuaca yang dulunya terjadi dua atau tiga tahun sekali, saat ini terjadi dalam satu tahun sekali.

“Memang sudah fasenya masuk cuaca ekstrim karena sudah musim kemarau. Musim kemarau ini sampai bulan Nopember untuk berhenti dan masuk ke musim hujan,”tuturnya.

Hadi mengingatkan, masyarakat luas untuk lebih menghemat air karena pastinya masyarakat butuh air bersih. (Ded)

 

Anda mungkin juga berminat