Hadirkan Iko Uwais Dan Kang Cecep, Kodim 0507/Bks Gelar Seminar Pencak Silat Pancarkan Kearifan Lokal

686

BEKASI, (Garudanews.id) – Indonesia kaya akan seni, budaya dan adat, ada ratusan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu seni yang saat ini sedang buming di manca negara ialah seni bela diri silat. Silat semakin mendunia bahkan menjadi ikon Indonesia dimata internasional.

Film bergenre action pun memperkenalkan silat sebagai salah satu bela diri yang patut diperhitungkan. Iko Uwais adalah salah satu aktor yang memperkenalkan dan mempulerkan silat dimata dunia. Dalam beberapa filmnya, Iko Uwais bersama dengan Cecep Arif Rahman sudah merambah Holliwood dengan membawa seni bela diri silat.

Untuk itu, Kodim 0507/ Bks menggandengan Thunder11 Martial Arts menggelar semialnar Pencak Silat. Seminar  yang bertajuk“Matrial Arts Talks, Pencak silat, Karambit : From Indonesia To The World” berlangsung di Hotel Aston Imperial, Jalan A Yani, Bekasi, pada Minggu (07/07).

Dandim 0507/ Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan selaku penyelenggara acara menyampaikan bahwa Pencak silat merupakan seni beladiri yang tercipta dari kearifan lokal Nusantara Indonesia.

“Banyak hal yang dapat digali dari seni beladiri ini karena Budaya indonesia yg kental melekat dalam perjalanannya,”ujar Dandim

Ia berharap bahwa eksistensi seni dan budaya Indonesia di mata dunia harus tetap dijaga. Salah satunya seni bela diri Pencak Silat yang merupakan seni bela diri asli Indonesia.

“Mudah-mudahan kedepannya seni bela diri silat akan menjadi lebih baik lagi, dan generasi muda Indonesia semakin cinta dengan seni budaya asli Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Danrem 051/ Wijayakarta Kol Inf. Susilo menyambut baik kegiatan tersebut karena dengan kagiatan seminar tersebut mengangkat budaya atau kearifan lokal dimata dunia.

“Ini momentun yang sangat berguna, saya selaku komandan korem meninggalkan kegiatan lain untuk menghadiri kegiatan yang sangat bermanfaat ini bagi saya, saya sangat tertarik ternyata tidak semua generasi muda sifatnya hura-hura saja, masih ada di ruangan ini generasi muda yang mencintai kearifan lokal yaitu pencak silat,” ujar Danrem.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Danrem 051/Wijayakarta Kolonel Inf. Susilo, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Djahyono, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Indarto, Kapolsek Bekasi Selatan Kompol. Bambang SW, Kadis Pariwisata Kota Bekasi Zarkasih serta Iko Uwais yang didampingi istrinya Audi Item.

Sekedar diketahui, seminar tersebut mengangkat pembahasan tentang “Karambit” sebagai senjata tradisional Indonesia yang saat ini telah go Internasional melalui debut para Pesilat Indonesia dalam film produksi Holywood John Wick 3 Parabellium. (Mam)

Anda mungkin juga berminat