Lebaran Betawi Jadi Destinasi Wisata Keluarga Jakarta di Akhir Pekan

313

JAKARTA (Garudanews.id) – Sejak 10 tahun terakhir, lebaran Betawi selalu digelar di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan.
Baru di era kepemimpinan Lulung Lunggana 2019 di Bamus Betawi. Hajat besar warga Betawi bisa dirasakan seluru masyarakat Jakarta, lantaran perayaan digelar di silang Monas, Jakarta Pusat.

Padahal sejak jaman kepemimpinan Ahok di Jakarta, Monas menjadi wilayah yang ekslusif dan sulit untuk dikunjungi warga Jakarta. Sehingga minim akan pertunjukan atau pun panggung hiburan masyarakat.
Lebaran Betawi pun kini menjadi destinasi wisata bagi warga jakarta menikmati akhir pekan.

“Di era Anis sekarang ini, Monas menjadi tempat yang terbuka bagi warga Jakarta. Lebaran Betawi bisa dilaksanakan disini dengan meriah karena seluruh warga Jakarta bisa melihat langsung pameran kesenian Betawi secara utuh di Monas,” ujar ketua departemen Bamus Betawi, Edy Gusyani, Sabtu (20/7).

Menurutnya, dengan ijin yang diberikan gubenur DKI, Anis pada perayaan lebaran Betawi kali ini menggunakan monas. Masyarakat bisa dengan senang menikmati suasana lebaran betawi. Sebab, Monas memiliki lahan yang luas untuk keluarga menghabiskan waktu akhir pekan sambil berjalan-jalan menikmati perayaan lebaran Betawi.

“Berbeda dengan perayaan di Setu Babakan, kurang refresentatif. Karena akses tranaportasi yang terbatas. Parkiran yang tidak memadai, hingga jarak arena lebaran Betawi yang cukup jauh. Di Monas warga Jakarta di seluruh wilayah Jakarta bisa dengan mudah mengakses transportasi,” bebernya.

Minggu (21/7) akan menjadi puncak acara lebaran betawi. Dipastikan orang nomor satu di Jakarta, ketum Bamus Betawi dan seluruh SKPD di Jakarta akan menghadiri acara tersebut. (HNN)

Anda mungkin juga berminat