Pekan Ketiga Juli 2019, Harga Cabai Merah di Delapan Pasar Sukabumi Naik

275

SUKABUMI (Garudanews.id) – Memasuki pekan ketiga di bulan Juli 2019, Harga cabai merah di pasar tradisional Kabupaten Sukabumi kini kembali mengalami kenaikan. Pasalnya pasokan cabai ke pasar berkurang sementara permintaan meningkat.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, pada pekan ketiga Juli 2019, pantauan harga ini dilakukan di delapan pasar tradisional Sukabumi, yakni Pasar Cibadak, Cisaat, Parungkuda, Cicurug, Palabuhanratu, Sukaraja, Surade dan Sagaranten.

“Di delapan pasar ini komoditas cabai merah untuk semua jenis naik,” ujar Kepala DPKUM Kabupaten Sukabumi, A. Trisnawiana kepada wartawan.

Kata dia, cabai merah keriting misalnya, rata-rata naik dari Rp 49.688 menjadi Rp 53.750 perkilogram. Harga cabai merah keriting di Pasar Cisaat naik dari Rp 55 ribu menjadi Rp 60 ribu perkilogram.

“Sementara harga cabai merah di Pasar Parungkuda naik dari Rp 60 ribu menjadi 62.500 ribu perkilogram. Dan di Pasar Sukaraja dari Rp 50 ribu naik menjadi Rp 60 ribu perkilogram,” ucapnya.

Lanjut A.Trisnawiana, cabai hijau rata-rata naik Rp 51.500 menjadi Rp 65 ribu perkilogram. Di Pasar Cisaat harganya naik dari Rp 65 ribu menjadi Rp 75 ribu perkilogram. Pasar Cibadak naik dari Rp 60 ribu menjadi Rp 75 ribu perkilogram.
“Akibat gagal panen sehingga berkurangnya pasokan barang ke pasar,” ucapnya.

Selain itu lanjut dia, cabai rawit merah rata-rata naik dari Rp 58.571 menjadi Rp 71.429 perkilogram. Misalnya di Pasar Cisaat naik dari Rp 60 ribu menjadi Rp 70 ribu perkilogram, Pasar Cibadak naik dari Rp 60 ribu menjadi Rp 70 ribu perkilogram dan Pasar Parungkuda dari Rp 60 ribu menjadi Rp 75 ribu perkilogram.

“Petugas terus memantau pergerakan harga sembako dan ketersediaanya di pasaran. Kami berharap harga sembako terkendali dan terjangkau masyarakat,” cetusnya.

Sementara itu, Salah seorang pedagang Pasar Tradisional Cisaat, Nia Kurniawati (30) menambahkan, kenaikan harga komuditas cabai tersebut sudah berlangsung sekitar dua minggu lalu.

“Ya, cabai merah maupun cabai hijau mengalami kenaikan karena pasokannya saat ini berkurang. Akibat musim kemarau ini banyak petani yang gagal panen,” singkatnya. (Ded)

Anda mungkin juga berminat