Pencairan Dana Kelurahan Akan Dilakukan Secara Bertahap

356

BEKASI, (Garudanews.id) – Dana Kelurahan (Dankel) yang rencananya akan segera dicairkan. Dikatakan Asisten Daerah (Asda) 1 Pemkot Bekasi Hudi menuturkan bahwa dana kelurahan yang akan digelontorkan pada setiap kelurahan akan disesuaikan dengan kebutuhan kelurahan itu sendiri.

“Dana kelurahan sifatnya berlaku secara nasional, jadi sesuai amanat permendagri, masing-masing kelurahan mendapat alokasi dana kelurahan dan sekarang sudah berproses serta masing-masing kelurahan tinggal menyiapkan persyaratan untuk pencairan,” kata Hudi saat diwawancar pada Selasa (16/07).

Lurah Bekasi Jaya Ngadino dan Sekretaris Lurah Bekasi Jaya Pra Fitria Angelina berserta staff kelurahan, menerima Asda 1 Pemkot Bekasi Hudi diruangan Lurah

Lebih lanjut Hudi juga mengatakan bahwa Dana Kelurahan bahwa sesuai dengan Permendagri No 130 tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan. Setiap keluarahan akan mendapatkan dana tersebut untuk membangun sarana dan prasarana di kelurahan. Pemkot Bekasi juga akan memandu dalam alokasi dana tersebut dengan Perwal tentang Juknis.

“Selain itu juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan. Seluruh item kegiatan pembangunan ini sudah tercantum jelas dalam kedua peraturan tersebut. Kita buatkan perwalnya sebagai pegangan untuk lurah sebagai kuasa pengguna anggaran,” katanya.

Secara teknis, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam program Dana Kelurahan adalah pejabat lurah setempat. “Sedangkan pengerjaannya dilakukan secara swakelola oleh kelompok masyarakat yang ada di lingkungan kelurahan, misalnya Badan Keswadayaan Masyarakat, atau kelompok masyarakat lainnya yang ditunjuk oleh pejabat lurah setempat,” jelasnya.

Diketahui, di kota Bekasi, masing-kelurahan akan mendapatkan anggaran sebesar 352 Juta. Dana tersebut akan dikucurkan secara bertahap dengan rincian 50% dari pagu anggaran dan selanjutya 50% pada pencairan selanjutnya.

Asda 1 juga menyambangi kelurahan Bekasi Jaya untuk melakukan sosialisasi terkait dengan proses dan penggunaan anggaran Dana Kelurahan.

“Terima kasih kepada pak asda satu yang sudah menyempatkan hadir di kelurahan bekasi jaya, beliau mengingatkan bagaimana tahapan dan apa yang belum terlaksana dalam pencairan serta pelaksanaan kegiatan dana kelurahan,” ujar Sekretaris Lurah Bekasi Jaya Pra Fitria Angelina.

Kelurahan Bekasi Jaya merasa sangat terbantu atas informasi yang diberikan oleh Asda 1, mengingat Dana Kelurahan merupakan kebijakan baru.

“Hal yang masih terganjal kita buka bersama agar cepat dalam pencairan dan cepat pelaksanaan kegiatan pembangunan dau ini. Pak asda juga banyak mengingatkan bahwa Dana keluarahan adalah kebijakan baru, jadi memang harus banyak yang harus kita ketahui agar semua terlaksana dengan semestinya dengan satu pemahaman,” pungkasnya. (Mam)

Anda mungkin juga berminat