Tawangmangu, Tempat Wisata Nan Sejuk Dengan Kulinernya Yang Murah

126

Karanganyar ( Garudanews.id ) – Meluangkan waktu untuk berwisata sepertinya sudah menjadi tren di masyarakat saat ini. Hampir tiap hari libur khususnya hari Sabtu dan Minggu, tempat – tempat wisata ramai dikunjungi wisatawan.

Banyak motivasi wisatawan mendatangi sebuah tempat wisata. Dari mulai tempatnya yang nyaman, alamnya yang indah, sajian wisatanya hingga kulinernya.

Salah satu yang saat ini menjadi favorit wisatawan adalah sebuah tempat wisata di kaki Gunung Lawu, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah.

Banyak spot – spot wisata yang menarik disana. Dari mulai Air Terjun Grojogan Sewu, Taman Balekambang, Cemoro Sewu dan lain – lain.

Tidak hanya tempat wisata yang ramai dikunjungi, tempat – tempat kuliner yang berupa Cafe – cafe yang berdiri di pelosok Tawangmangu pun juga menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk melampiaskan hobby makannya.

Menurut salah satu warga Tawangmangu, Widodo, dihari libur, jalanan Tawangmangu sudah padat dengan kendaraan. ” Sekarang pada saat hari libur, Tawangmangu juga macet. Bahkan jalan alternatif di sebelah utara Tawangmangu pun dijadikan jalur khusus jika jalan utama ( Jalan Lawu padat” ujar Widodo kepada Garudanews.id.

Daya tarik Tawangmangu, selain tempat wisatanya, adalah murahnya makanan yang dijual pedagang.
Satu porsi Sate Kelinci dijual hanya Rp. 15.000, sementara Sate Kambing berikut nasi hanya Rp. 17.000 .

Sensasi rasanya jangan ditanya lagi , mantap. Beberapa pengunjung dari luar kota mengatakan, makan di Tawangmangu jika sudah tahu tempatnya tidak menguras kantong.

” Kami makan 6 orang di salah satu cafe di dekat Puskesmas Tawangmangu tidak habis 100 ribu. Padahal semua makan nasi dengan ayam goreng dan ada yang pakai Steak serta aneka minuman” ujar Adi warga Jakarta.

Hal senada disampaikan Retno, warga Tawangmangu yang sekarang tinggal di Bogor. ” Saya kalau pulang tidak pernah absen makan Sate Kambing di Tawangmangu. Harganya cuma 17 ribu rupiah. Sudah pake nasi dan teh manis” paparnya.

Tidak hanya itu, jika wisatawan ingin makan yang lebih murah lagi ada soto daging sapi dengan harga cuma Rp. 3000 per porsinya. Dan itu menjadi salah satu soto favourit warga Tawangmangu. Selain Harganya murah, rasanya juga nyam – nyam.

Tentu tidak hanya menu – menu diatas, masih banyak lagi menu- menu klasik yang sampai sekarang tetap menjadi favourit wisatawan. Ada Nasi Pecel dan Sop buntut Bu Ugi, Ayam Goreng Bangun Trisno dan lain – lain.

Nah, bagi anda yang ingin berekreasi, Tawangmangu sangat rekomended menjadi salah agenda liburan anda. Dijamin tidak menguras kantong dan banyak pilihan wisatanya. (Cq/Yos/Fau/Cj).

Anda mungkin juga berminat