Baznas Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Kecamatan Pangkalan

210

KARAWANG (Garudanews.id) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karawang telah menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Kampung Jati Desa Jatilaksana Kecamatan Pangkalan.

Ketua Baznas Kabupatan Karawang, Kurnia Adam Kartayasa mengatakan, bantuan ini merupakan program reguler dari Baznas kepada para korban bencana alam, seperti angin puting beliung, gempa atau kebakaran.

“Besaran bantuan yang diberikan sebesar Rp10 juta, sebagai stimulus bagi warga sekitar korban untuk ikut membantu korban bencana alam,” ungkapnya.

Kurnia mengatakan, bantuan diberikan setelah diajukan dan dilakukan verifikasi kelengkapan administrasi terlebih dahulu oleh Baznas, seperti Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Setelah itu tahap kedua dilakukan assesment untuk melihat seperti apa kerusakannya berkoordinasi dengan RT, RW dan aparatur desa setempat.

“Bantuan melibatkan lingkungan sekitar rumah korban. Alhamdulillah reaksi warga sekitar sangat positif, untuk menumbuhkan semangat kekeluargaan dan gotong royong,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan jika Baznas meminta pihak yang bertanggungjawab untuk pembangunan renovasi rumah korban kebakaran tersebut. Biasanya penanggung jawab berasal dari aparatur desa setempat.

Dikatakan Kurnia, Baznas sudah berkoordinasi dengan Sekda dan Bappeda dalam pemberian bantuan tersebut, agar bantuan tidak tumpang tindik dengan instansi pemerintah yang lain, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang memberikan bantuan dalam bentuk bantuan logistik.

Kurnia mengatakan, sampai akhir tahun 2018 kemarin Baznas berhasil menghimpun zakat dari muzakki sebesar Rp2,4 miliar. Dan Baznas terus berupaya untuk meningkatkan kepercayaan dari muzakki untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

Upaya tersebut dilakukan dengan mendorong dibentuknya Peraturan Daerah (Perda) Zakat, dan melakukan sosialisasi melalui sejumlah media sosial (medsos) dan media lain yang terkoneksi ke kantor pusat.

“Sampai akhir semester satu kemarin perolehan zakat di Baznas Karawang sudah mencapai Rp1,7 miliar. Dan angka perolehan zakat terus meningkat setiap tahunnya,” tandasnya. (red)

Anda mungkin juga berminat