Diputus Enam Bulan Penjara, Partai NasDem Segera PAW Papi Manafe

1.263

ROTE NDAO (Garudanews.id) – Sekertaris Dewan Pimpinan Daerah Partai NasDem Nusa Tenggara Timur (NTT) Alex Ofong kembali menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan sanksi terhadap OAM alias Papi Manafe caleg NasDem terpilih 2019-2024, menyusul putusan Pengadilan Tinggi NTT yang menjatuhkan hukuman kurungan badan selama enam bulan terhitung dari 6 Agustus 2019.

“Kami sudah minta DPD memanggil yang bersangkutan dan dibuat laporan ke DPW untuk diteruskan ke DPP,” kata Alex, Jumat (30/8).

Alex menuturkan, bahwa pihaknya akan sesegera melakukan pergantian antar waktu (PAW) terhadap terdakwa Papi Manafe sesuai dengan putusan Pengadilan Tinggi NTT.

Sebelumnya, Direktur Progres Indonesia, Idrus Money meminta Partai NasDem agar mengambil sikap tegas terkait ulah kadernya yang melakukan tindakan asusila. Hal itu dikatakan Idrus menyusul putusan Pengadilan Negeri Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memutus enam bulan penjara atas kasus perselingkuhan yang dilakukan oleh OAM caleg Nasdem terpilih 2019-2024.

Sebagai direktur lembaga yang konsen terhadap Law Enforcement, Good Goverment dan Clean Governance, kata Idrus, kasus OAM bukan hanya akan mencorang Partai NasDem, akan tetapi keberadaan OAM sebagai dewan terpilih dinilai menjadi preseden buruk bagi lembaga yang terhormat.

Idrus mengatakan dalam struktur partai, tentunya ada yang memiliki kewenangan memberikan sanksi terhadap anggotanya yang melakukan tindak pidana.

“Misalnya dari sanksi ringan, teguran, hingga sanksi pemecatan. Artinya, kalau si oknum anggota dewan terpilih tersebut sudah melakukan tindak pidana, apalagi sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Tidak ada alasan bagi partai untuk memecatnya dan segera dilakukan PAW,” tegas Idrus kepada media ini, Senin (26/8).

Dalam kasus tersebut, kata Idrus,  Partai NasDem harus memiliki sikap tegas, bila ingin mendapat simpati dari masyarakat. “Partai NasDem harus mengganti anggota dewan yang sudah dinyatakan bersalah. Paling tidak orang nomor dua, atau orang yang direkomendasikan partai,” pungkas Idrus. (Dance Henukh)

 

Anda mungkin juga berminat