Kunjungi Budidaya Ikan Lele Biogreen, Tri Adhianto Minta Jajaran Pemerintah Bawahnya Untuk Pelajari Budidaya Ikan Lele Biogreen

367

BEKASI, (Garudanews.id) – Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono kunjungi tempat budidaya ikan Lele Biogreen yang berada di Farm78Bekasi Jl. Bunga Sakura, Jatiasih Rw. 12 Kota Bekasi, Selasa(20/08).

Budidaya ikan Lele metode Biogreen adalah metode budi daya Ikan yang baik (CBIB), baik persiapan budi daya, proses budi daya, maupun panen. Intinya, metode ini menerapkan ikan lele yang dibudidayakan bebas dari kontaminasi bahan kimia dan biologi, serta aman dikonsumsi dan yang paling utama adalah untuk mengatasi Masalah kolam kotor dan bau yang sering didengar terkait budi daya ikan lele.

Metode budi daya ikan lele kini kian varitif dan modern,  budi daya lele bersih dan tanpa bau pun sudah ada. Salah satunya dengan metode biogreen. Bahkan, air kolam lele pun bisa dikonsumsi (diminum) setelah melewati sistem filterisasi (penyaringan). Metode ini ditemukan pada tahun 2014 oleh Muhammad Iqbal (37) seorang peternak ikan lele asal Bekasi.

Tri Adhianto datang didamping kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi, Alexandre Zulkarnain, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi, Bambang Santoso, Camat Jati Asih Nessan Sudjana, Lurah Jatiasih Ato Suparto serta warga setempat.

Tri Adhianto juga sempat mendengarkan materi yang di berikan oleh pemilik 78 farm yaitu H Muhammad Iqbal, Ia juga menjual hasil budidayanya tersebut kepada warga sekitar, ia juga memberikan materi setiap minggu nya kepada warga setempat, mahasiswa, serta organisasi yang mau belajar tentang tanaman hidroponik, aquaponik, dan budidaya lele biogreen.

Tri Adhianto dalam kunjungannya sempat memberikan apresiasi nya terhadap 78 farm, serta arahan kepada warga dan tamu yang hadir di tempat tersebut.

“Ini merupakan satu prestasi yang sangat membanggakan dari salah satu wirausahawan Kota Bekasi karna sudah menemukan budidaya ikan lele biogreen yang dimana tidak banyak untuk membudidayakannya tidak perlu tempat yang luas, cukup memakai tempat bulat ini sudah dapat berternak ikan lele biogreen ini, dan ini tidak bau sama sekali, itu merupakan terobosan terbaru yang patut di apresiasi, serta di kembangkan nantinya oleh pemerintah Kota Bekasi,”ujar Tri.

Dalam arahannya, Wakil Walikota Bekasi ini mengarahkan untuk setiap kecamatan di kota Bekasi untuk mengirimkan beberapa orang perwakilan daerah masing-masing supaya dapat belajar budidaya ikan lele biogreen ini.

“Hal-hal seperti ini masyarakat dan pegawai pemerintah Kota Bekasi harus tahu, mungkin minggu depan setiap hari sabtu atau minggu pak camat dan pak lurah bisa mengirimkan perwakilan dari daerahnya masing masing untuk mempelajari hal ini, supaya Kota Bekasi kedepannya tidak selalu bergantung pada daerah lain dalam ketahanan pangannya, jadi mau makan sayur tinggal metik di kebun hidroponik yang kita bangun di halman rumah, mau makan ikan tinggal ambil di bak budidaya ikan biogreen yang ada di belakang rumah kita,”pungkasnya.

Tri Adhianto juga sempat mencicipi daging Ikan Lele Biogreen yang diketahui tidak bau amis serta mempunyai tekstur daging yang lebih lembut. Dan Ia juga mendapatkan cendramata berupa buku panduan budidaya ikan biogreen. (ADV)

Anda mungkin juga berminat