Pemerintah Desa NGA Sosialisasi Tatacara Mengurus Jenazah

220

ACEH UTARA (Garudanews.id) – Dalam rangka menanamkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pemerintahan desa Gampong Nga LB Kecamatan Lhoksukon menggelar kegiatan sosialisasi penyuluhan pola hidup sehat, Kamis (22/08).

Acara yang dianggarkan dari Sumber Dana Desa (DD) tahun 2019 itu di ikuti oleh ibu ibu PKK , para kader Posyandu dan juga para aparatur desa Nga LB, yang juga dihadiri oleh Kasi PMD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan juga pendamping Lokal Desa.

Tarmizi Selaku Geuchik Desa Nga LB Kepada Media ini mengatakan, sosialisasi pola hidup sehat ini bertujuan agar masyarakat mengetahui bagaimana cara hidup sehat secara Alami, baik sehat tempat, makanan maupun yang lain.

Dirinya menambahkan bahwa selama ini memang masyarakat telah hidup dengan pola sehat, dimana itu dilihat dengan lahirnya bank sampah di desanya.

“Jadi, sekarang tidak ada lagi sampah sampah yang berserakan, ini juga merupakan bagian dari pola hidup sehat,” katanya.

Dia berharap dengan berakhirnya acara penyuluhan pola hidup sehat ini , masyarakat akan menerapkan dalam kehidupan sehari hari agar lebih sehat lagi.

Penyuluhan ini kita anggarkan dari dana desa selain itu, kita juga mengadakan tatacara memandikan mayat, karena sekarang kita lihat banyak sekali masyarakat yang kurang peduli tentang tatacara memandikan mayat (mengurus Jenazah),” kata dia.

Sehingga, lanjut Tarmizi, dalam pelaksanaannya ketika orang meninggal hanya orang-orang itu saja, dengan dilakukannya penyuluhan tatacara memandikan mayat, dan yang muda muda akan lebih tampil kedepannya.

Sementara itu dalam penyuluhan pola hidup sehat, narasumber yang di undang berasal dari Puskesmas Lhoksukon, yang diwakili oleh Bukhari, dalam paparannya menyampaikan sepuluh prilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ) di rumah tangga, yaitu dengan pola hidup sehat untuk giat bekerja.

“Ada sepuluh indikator untuk PHBS di lingkungan rumah tangga, yaitu, Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberikan bayi ASI eksklusif, Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan ,Menimbang bayi dan balita, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di rumah, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan Tidak merokok di dalam rumah,” pungkasnya. (Syahrul)

Anda mungkin juga berminat