Andalkan 5 Cabang, 56 Kafilah MTQ Aceh Utara Bertolak ke Pidie

247

ACEH UTARA (Garudanews.id) – Kafilah Kabupaten Aceh Utara untuk mengikuti MTQ ke-34 tingkat Provinsi Aceh bertolak ke Sigli, Kabupaten Pidie, Jumat pagi, (20/09), setelah dilakukan seremoni pelepasan di halaman Pendopo Bupati di Lhokseumawe.

Prosesi pelepasan kafilah dilakukan oleh Sekdakab Abdul Aziz, SH, MH. Pemkab Aceh Utara mengirim peserta untuk mengikuti tujuh cabang MTQ tersebut sebanyak 56 orang, bertolak ke Pidie dengan dua unit bus. Selain itu, juga mengikutsertakan pelatih sebanyak 20 orang, pendamping 2 orang, ofisial 20 orang, panitia 20 orang, paramedis 4 orang, anggota RAPI 10 orang, petugas WH 10 orang dan supir 10 orang.

Ketua Kafilah Kabupaten Aceh Utara Tgk Muhammad Idris, SE, melaporkan Aceh Utara akan mengikuti tujuh cabang perlombaan. “Sementara cabang perlombaan yang menjadi andalan kita meraih juara ada lima cabang, yakni cabang khattil, syarhil, fahmil, tilawah dan hifzil 30 juz,” ungkap Idris yang juga Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara.

Pada MTQ ke-33 Provinsi Aceh di Aceh Timur dua tahun lalu, kata Idris, kafilah Kabupaten Aceh Utara meraih juara III. Kali ini untuk seluruh peserta telah dilakukan berbagai bimbingan dan pembinaan yang intensif, sehingga diharapkan dapat memetik hasil yang lebih bagus. “Kita harapkan dalam MTQ kali ini bisa meraih prestasi yang lebih gemilang dan mengubah posisi juara bagi Aceh Utara,” harap Idris.

Lebih lanjut, Idris mengaharapkan kepada semua peserta dan rombongan kafilah agar tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan. Sebab dengan adanya kekompakan dan kebersamaan akan banyak hal yang bisa diselesaikan dan bahkan juga dalam meraih prestasi. Untuk itulah, pihaknya kali ini membawa semboyan ‘al-ittihadu assasun naja’ (bersatu pangkal keberhasilan).

Sekdakab Aceh Utara Abdul Aziz, SH, MH, dalam arahannya mengatakan perlombaan MTQ bukan hanya sekadar kemampuan dalam menguasai seni membaca Alqur’an. Akan tetapi juga penilaian dalam tingkah laku, prilaku, akhlak dan disiplin. Untuk itu, Abdul Aziz mewanti-wanti kepada semua peserta agar dapat menjaga semua karakter tersebut dalam arena perlombaan.

Kepada para pelatih, Abdul Aziz mengharapkan agar terus melakukan bimbingan dan arahan kepada semua peserta, sehingga nantinya mereka bisa tampil maksimal. “Ikuti semua mata perlombaan dengan serius dan sungguh-sungguh, insyaAllah nantinya peserta dari Aceh Utara bisa meraih prestasi yang gemilang dan mengharumkan nama daerah,” harap Abdul Aziz.

Pada kesempatan itu, Abdul Aziz juga berpesan kepada semua peserta untuk menjaga kesehatan, menjaga pola makan, dan istirahat yang cukup, sehingga saat tampil pada perlombaan benar-benar dalam kondisi fit dan prima.

Prosesi pemberangkatan kafilah Aceh Utara untuk MTQ ke-34 Aceh turut dihadiri oleh para staf ahli Bupati Aceh Utara, para Asisten, para Kepala SKPK, para Kabag dan sejumlah unsur terkait. Juga tampak hadir para orang tua peserta yang turut mengantar anak mereka hingga halaman Pendopo Bupati. Sebagaimana diketahui MTQ ke-34 Provinsi Aceh akan berlangsung di Sigli, Kabupaten Pidie, tanggal 20 hingga 28 September 2019. (Syahrul)

Anda mungkin juga berminat