DPRD Nilai Jalur Sepeda di DKI Tidak Miliki Aturan Jelas

259

JAKARTA (Garudanews.id) – Pemda DKI Jakarta menerapkan jalur sepeda di sejumlah jalan protokol di DKI. Namun, regulasi untuk menunjang penerapan jalur sepeda itu justru diabaikan. Walhasil, pemda pun mendapatkan kritik tajam dari kalangan DPRD DKI karena dinilai tidak memiliki konsep yang jelas dalam melaksanakan programnya, lantaran tidak dibarengi dengan aturan yang pasti.

“Pemda harus mengedepankan payung hukum dalam melaksanakan programnya. Apakah itu Pergub atau Perda harus ada. Disamping itu harus pula pemda melakukan sosialisasi. Jangan langsung aturan jadi permanen, sementara sosialisasi aturannya sangat minim, ” sesal anggota DPRD DKI Fraksi Demokrat, Nurafni Sajim, Selasa (1/10).

Dari pantauan Harnasnews. com, sejak pemda memberlakukan jalur sepeda di Jakarta. Jalur tersebut cenderung disalahgunakan pengendara motor. Sementara, aparat penegak hukum terkesan cuek dalam menyikapi pelanggaran yang dilakukan pengendara motor. “Untuk itu pemda perlu melakukan koordinasi,” katanya.

Terkait dengan penerapan jalur sepeda menggunakan tali tambang, politisi yang terpilih dari Dapil Jakbar itu meminta agar pemda mempertimbangkan asfek keamanan pengendara mobil. “Penggunaan tali tambang untuk pembatas jalan harus pula menjadi perhatian. Jangan sampai hal itu membahayakan bagi pengendara mobil, “jelasnya. (Hnn)

Anda mungkin juga berminat