Kapolri Tegaskan Bakal Kejar Kelompok Perusuh di Papua

268

JAYAPURA (Garudanews.id) – Keberadaan anggota United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang diduga sebagai biang kerusuhan di sejumlah daerah di Papua terus menjadi incaran aparat TNI dan Polri.

Bahkan, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian menegaskan pihaknya terus mengejar dua kelompok tersebut. Menurut dia, definisi aman di Papua apabila anggota KNPB dan ULMWP ditangkap.

Mantan kapolda Metro Jaya itu juga kembali menegaskan bahwa pihaknya belum ada rencana untuk penarikan pasukan, bahkan hingga akhir tahun ini.

Kata Jenderal Tito, situasi keamanan di Papua saat ini sudah kondusif.  Oleh karenanya, pihaknya berharap para pengungsi kembali ke Wamena dan daerah lainnya di Papua.

“Pergelaran pasukan akan terus dilakukan hingga wilayah ini benar-benar aman,” kata Kapolri.

Seperti diketahui, Kapolri bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mendampingi Menkopolhukam Wiranto ketika berkunjung ke Papua selama 2 hari sempat bertemu dan melihat langsung kondisi pengungsi di Wamena, Selasa (8/10).

Menkopolhukam sebelum ke Timika sempat melepas 86 pengungsi yang kembali ke Wamena dengan diangkut pesawat hercules TNI AU dari Lanud Silas Papare. (Red)

 

Anda mungkin juga berminat