Kemendagri Dorong Optimalisasi Kinerja Biro Umum se-Indonesia

250

JAKARTA (Garudanews.id) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo mendorong optimalisasi kinerja Biro Umum se-Indonesia. Komitmen tersebut salah satunya dilakukan melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Biro Umum se-Indonesia di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta, Kamis (17/10).

“Bahwa Rakor ini adalah di dalam kerangka untuk mewujudkan optimalisasi kinerja Biro Umum. Artinya untuk peningkatan kualitas kerja,” kata Hadi.

Menurut Hadi, Biro Umum merupakan unit tersibuk yang mengurusi berbagai hal penting, dari mulai pelayanan kepada masyarakat hingga pimpinan, sehingga hal itu menjadi bentuk pengabdian kepada negara.

“Biro Umum ini adalah biro yang super sibuk, bahkan Hari Raya Idul Fitri itupun tidak bisa berkumpul dengan keluarga, dia harus membuka Open House Gubernur hingga Sekda. Namun, tentunya ini menjadi semangat pengabdian bahwa tugas Bapak/Ibu untuk pimpinan dan masyarakat,” ujarnya seperti dikabarkan di laman resmi Kemendagri.

Ia juga meminta Biro Umum se-Indonesia untuk menyiapkan diri menghadapi dinamika dan tantangan zaman untuk tetap melayani masyarakat dengan maksimal.

“Sekarang ini kita hidup di era globalisasi, dunia ini penuh perubahan, penuh percepatan, penuh risiko, penuh kompleksitas, sehingga inilah yang kita harus upayakan terkait pelayanan publik secara digital yang diatur Perpres Nomor 95 Tahun 2018,” terangnya.

Di akhir, ia juga meminta seluruh Biro Umum se-Indonesia untuk mempelajari dan menjadikan acuan RPJMN Tahun 2020-2024 dengan mengkaji 5 (lima)  program prioritas nasional yang terdapat di dalamnya.

Rakor tersebut mengusung tema “Optimalisasi Kinerja Biro Umum Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Berbasis Digital untuk Mewujudkan Good Government Menuju Indonesia maju.” Peserta Rakor terdiri atas Kepala Biro Umum Kementerian/Lembaga, Kepala Biro/Pusat dan Sekretaris Korpri lingkup Setjen Kemendagri, dan Kepala Bagian Rumah Tangga atau Perlengkapan, serta Kepala Bagian Umum lingkup Kemendagri. (Dra)

Anda mungkin juga berminat