Ketimbang Audit KS, Ketua Komisi IV Usulkan Bentuk Pansus Jamkesda

239

BEKASI (Garudanews.id) – Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Sardi Effendi tidak sependapat terkait dengan desakan sejumlah pihak agar dilakukannya audit independen terhadap program Kartu Bekasi Sehat (KS) berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Politisi PKS ini menilai bahwa wacana audit terhadap KS berbasis NIK belum bisa menyentuh akar permasalahannya. Sebab, audit itu hanya terfokus pada penggunaan anggaran saja.

Pihaknya justru mengusulkan agar segera dientuknya panitia khusus (Pansus) soal jaminan kesehatan daerah (Jamkesda).

“Pansus ini nantinya dapat mendalami sisi pembiayaan, sistem jaminan kesehatan dan regulasi,” jelas Sardi,saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/10).

Sardi mengatakan, untuk memperbaiki sisi pembiayaan Jamkesda ini, dari regulasi kebijakan dan kemanfaatan sudah komprehensif.

Dimana kabupaten/kota lainnya sudah melaksanakan hal itu yakni cakupan kesehatan semesta atau manfaat Universal Health Coverage (UHC) tersebut.

“Jadi, saya lebih cenderung membentuk Pansus Jamkesda. Dimana dasar tata tertib (Tatib) DPRD terdiri dari unsur-unsur komisi, AKD, dan fraksi. Jadi, lebih banyak sifatnya rekomendasi dan Pansus Jamkesda seperti apa,” ujar politisi PKS ini.

Ia mengatakan, DPRD sebelumnya telah melakukan pembentukan pansus aset daerah Kota Bekasi, bentuknya sama bersifat rekomendasi.

“Jadi terbenahilah seluruhnya program Jamkesda ini,” katanya.

Berkaitan dengan regulasi, lanjut Sardi, Pansus Jamkesda nantinya bisa memanggil pihak terkait yang berkaitan dengan Jamkesda tersebut.

“Kita juga bisa melakukan kajian dan studi banding kepada kota/kabupaten lain dalam pelaksanaan Jamkesda ini,” tambah dia.

Sardi menjelaskan, Pansus Jamkesda ini nantinya terbagi dari beberapa tim diantaranya tim data, investigasi, pembiayaan dan lannya.

“Pansus ini solusi. Kalau audit itu tidak menjadi ketetapan sebuah lembaga. Pansus bisa menjadi komprehensif untuk memperbaiki sistem Jamkesda,” tandasnya. (Jim)

 

Anda mungkin juga berminat