PDIP Minta Jokowi Prioritaskan Angkat Menteri dari Partai Koalisi

258

JAKARTA (Garudanews.id) – Presiden Joko Widodo diminta memprioritaskan menteri dari partai pendukungnya pada Pilpres 2019 untuk masuk kabinet baru. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyikapi rencana merapatnya kubu oposisi ke dalam Kabinet Indonesia Kerja (KIK).

“Yang ideal tentu saja apa yang terjadi dalam koalisi sebelum presiden itu sebangun dengan pembentukan kabinet sehingga skala prioritas Pak Jokowi adalah mengedepankan terlebih dahulu para menteri terutama yang berasal dari unsur kepartaian Koalisi Indonesia Kerja,” kata Hasto di Jakarta, baru-baru ini.

Hasto mengatakan, meskipun PDIP menang dengan kekuatan 60,7 persen, tetapi tidak menerapkan politik bumi hangus seperti kejadian pada 2014.

“Sehingga Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, itu mendapat tempat di dalam susunan alat kelengkapan dewan,” jelas dia, dinalsir Jpnn.

Oleh karena itu, kata Hasto, untuk susunan Kabinet Kerja jilid II harus mengutamakan Koalisi Indonesia Kerja. Bukan diberikan untuk Gerindra cs seperti yang diisukan belakangan ini.

Karena koalisi tersebut senapas terhadap perjuangan Jokowi – Ma’ruf dalam membangun bangsa.

“Kalau di dalam perjalan kemudian dipandang perlu melakukan konsolidasi nasional untuk memperkokoh semangat gotong royong ditunjukan, itu nanti. Tetapi dalam penyusunan kabinet setelah Bapak Jokowi – Ma’ruf Amin dilantik tentu saja napasnya, basis pendukungnya, itu dari Koalisi Indonesia Kerja,” tegas Hasto. (red)

Anda mungkin juga berminat