Simpang Siur Hari Lahir Kabupaten Rote Ndao

625

ROTE NDAO (Garudanews.id) Pemeritah kabupaten Rote Ndao diminta membuka kembali sejarah lahirnya kabupaten tertimur Indonesia tersebut. Hal tersebut dikatakan Sodi Lian, Sekretaris Panitia  pembentukan kabupaten Rote Ndao pada 2002 lalu.

Sodi mengatakan, adanya pandangan yang salah di masyarakat, bahkan pemerintah Kabupaten Rote Ndao itu sendiri dalam menetapkan hari lahirnya. Padahal berdasarkan catatan dan sekaligus dirinya merupakan pelaku sejarah berdirinya kabupaten Rote Ndao, bahwa seharsunya tanggal lahir kabupaten Rote pada tanggal 10 April.

“Dasar Hukumnya adalah SK Menteri, sedangkan kabupaten Rote Ndao sudah sah lahir  sebelumnya yaitu tanggal 10 April 2002 saat diterbitkannya Undang-Undang No 9 Tahun 2002  yang ditandatangani Presiden RI,” katanya.

Kerena itu dalam sambutan pada acara syukuran pelantikan Carly sebagai anggota  DPR ia serukan untuk meluruskan kembali sejarah, supaya mulai tahun 2020 HUT Rote tanggal 10 April.

Dirinya juga mempertanyakan adanya fenomena hari ulang tahun kabupaten Rote Ndao yang dirayakan pada tanggal 2 Juli.

“Padahal, tanggal 2 Juli 2002  itu adalah tanggal pelantikan Christian Nehemia Dillakh menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Rote Ndao,” kata Sodi Lian saat ditemui wartawan, Sabtu (12/10).

Sodi mengisahkan, saat itu tengah dengan merebaknya semangat otonomi daerah di seluruh nusantara. Dengan adanya kesempatan itu Sodi langsung menghadap Menteri Otonomi Daerah yang saat itu dijabat oleh Ryaas Rasyid.

“Kemudian saya meminta nasihat dan beliau menyerahkan dokumen PP 129 Tahun 2000  yang ditetapkan dalam PP yang baru,” kata Sodi mengisahkan.

Namun dalam PP yang baru tersebut dirasa tidak sesuai yang diharapkan, dengan alasan alasan bahwa kriteria yang dipersyarakan untuk susun propisal membutuhkan data otentik dan perhitungan statistik sehingga lebih efektif kemudian ia pun langsung bertolak ke kantor bupati Kupang untuk meminta pertimbangan lebih lanjut.

Kemudian dalam waktu relatif singkat dokumen usulan kabupaten Rote Ndao sudah sampai di senayan, yaitu  Komisi II DPR RI yang diketuai oleh Ferry Mulsidan Badan.

Sodi kembali mengisahkan, saat itu Bupati Kupang Ibrahim Agustinus Meda di hadapan Dewan Pakar memberikan paparan, hasilnya  dalam sidang yang dipimpin oleh Guritno di Ruang Sidang DPR RI Senayan Jakarta pada tanggal 10 April 2002 diketuklah Palu Rote Ndao menjadi kabupaten.  (Dance Henukh )

Anda mungkin juga berminat