Soal Anak Muda Tidak Menyukai Pancasila, Bamsoet Diminta Instospeksi Diri

281

JAKARTA (Garudanews.id) – Pengamat politik yang juga penggiat citizen journalism (jurnalisme warga)  Narliswandi Piliang dari Iwan Piliang Center (IPC) memberikan komentarnya terkait dengan pernyataan Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet yang mengatakan banyak pemuda Indonesia tidak menyukai Pancasila.

Menurut Iwan, framing yang dilakukan oleh politikus Golkar itu sangat tidak mendasar. Bahkan, Iwan menyebutya Bamsoet orang yang cacat roso.

“Apa itu cacat roso, dikira dia jadi ketua DPR dengan membawa Ferari Harley, dengan semboyan satu aspal itu sah sah saja karena dia membelinya dengan uang halal tidak ada yang salah. Tapi dimata saya itu cacat roso karena itu tidak diimbangi misalnya ajak 10 orang petani holtikulturas berprestasi, petani lada yang unggul dan sejenis itu dia tidak melakukan itu,” kata Iwan kepada wartawan, Sabtu (5/10).

Iwan mengidentifikasi bahwa jabatan yang diraih oleh Bamsoet, tidak lepas dari turbulensi oligarki bulus. Akibatnya, langkah yang diambil Bamsoet kerap blunder. Karena tidak memiliki pengalam hidup atau batin yang berlandaskan kepada hati nurani.

“Amat disayangkan pernyataan tersebut. Makanya jadi pejabat publik harus memuliakan keinsanan, memuliakan ketulusan keinsanan. Bukan memuliakan konglomerat,” sindir Iwan.

Iwan menambahkan, perilaku politisi yang menghambakan dirinya pada konglomerat, kemuliannya terletak kepada ketebalan rupiah, bukan integritas, juga bukan apa yang dilakukan terhadap peradaban.

“Bamsoet menilai sesuatu tentang peradaban keliru. Seperti menilai anak muda seprti tidak mengenal Pancasila. Kapan dia turum ke anak muda? Kan dia ga turun, giliran liburan dia turun naik ferari naik harley, what do you expect,” tegas Iwan.

Untuk itu, Iwan berpesan kepada Bamsoet agar rendah hati, serta instospeksi diri.

“Kemudian, Bamsoet disarankan agar membaca buku sastra yang bermutu lebih banyak. Bukan hanya menulis buku tapi yang menulis typowriter bukan dia sendiri,” ucap Iwan. (Red)

Anda mungkin juga berminat