Tangkal Aksi Kejahatan Jalanan, Polwan Bekali Pelajar Dengan Bela Diri Praktis Kepolisian

468

BEKASI, (Garudanews.id) – Jelang hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober, jajaran Polwan dari Polres Metro Bekasi kota menggelar kegiatan upacara bersama dan latihan bela diri praktis  kepada siswa SMA. Para polwan tersebut mengajarkan beladiri serta pemahaman tentang kesadaran kebangsaan saat upacara di SMA Negeri 6 kota Bekasi, Kelurahan Jakasetia, Bekasi Selatan pada Senin (21/10).

Dalam upacara yang dihadiri juga oleh Kassubag Humas Polres Metro Bekasi kota Kompol. Erna Ruswing Andari, Kanit SIM Satlantas Polrestro Bekasi AKP Indira, jajaran Binmas Polrestro Bekasi Kota serta Kepala Sekolah SMA Negeri 6 kota Bekasi Waluyo tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakasat Binmas Polres Metro Bekasi kota Kompol. Kayah Rokayah yang menuturkan bahwa kegiatan Polwan Goes To School merupakan rangkaian dalam rangka hari Sumpah Pemuda 2019.

Seorang anggota Polwan dari Polres Metro Bekasi kota menunjukkan seni bela diri praktis kepolisian kepad salah seorang siswa SMA Negeri 6 kota Bekasi pada Senin (21/10)

“Upacara yang kita laksanakan pada hari ini bertepatan dengan program Polwan Goes To School dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, dimana upacara ini memiliki makna yang sangat penting, yaitu sebagai sarana untuk memupuk jiwa kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Kayah dalam amanat upacaranya.

Kayah kembali menambahkan bahwa kesadaran para pelajar sebagai generasi muda sangat dibutuhkan untuk menjaga kesadaran dalam berbangsa dan bernegara. Pelajar memiliki tanggung jawab dalam berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan.

“Kesadaraan akan pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berahlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan,” tambahnya.

Dikatakan Kayah pesatnya perkembangan era tekhnologi ibarat menjadi dua mata pisau yang dapat berdampak positif bila digunakan dengan bijak, namun menjadi negatif jika tidak digunakan dengan bijak.

“Disatu sisi, memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkingkan pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi yang bersifat dekstruktif mulai dari hoaks hingga aksi radikalisme akan masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Selain itu, pembekalan ilmu bela diri praktis kepolisian diberikan kepada pelajar dalam rangka menanggulangi kejahatan jalanan. Bela diri singkat tersebut diharapkan mampu membentengi pelajar dari tindak kejahatan.

“Ini sebagai wujud peduli polri untuk memberikan rasa aman kepada warga negara Indonesia dalam bentuk pencegahan dan pembekalan ilmu bela diri khususnya pelajar sekolah,” tandasnya.

Tidak kalah dengan polisi lelaki, Polwan tersebut memberikan pelajaran bela diri dengan tangkas. Program kegiatan Polwan Go To School dilaksanakan secara serentak di sekolah-sekolah.

Sementara itu, Waluyo kepala Sekolah SMA Negeri 6 kota Bekasi berharap kegiatan serupa akan dilaksanakan secara kesinambungan. Dikatakan Waluyo bahwa program yang diberikn jajaran Polwan dari Polres Metro Bekasi kota.

“Pembekalan bela diri bagi mereka, minimal mereka dapat membela dirinya manakala berhadapan dengan tindak kejahatan,” katanya, kamia harap kegaiatan semacam ini dalam berkelanjutan,” katanya.

Menyinggung dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi, Waluyo menuturkan bahwa pihaknya terus melakukan pemahaman dalam bijak bermedia sosial.

“Kita juga ada penyuluhan terkait dengan bagaimana dampak dari medsos dan terus melakukan pemantauan bagaimana bijak dalam bermedsos,” tandasnya.

Ratusan siswa SMA Negeri 6 kota Bekasi menyimak dengan seksama apa yang diberikan oleh Polwan jajaran Polres Metro Bekasi Kota. (Mam)

Anda mungkin juga berminat