TKPSDA Minta Program Citarum Harum Dilakukan Kajian

208

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) – Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai Citarum dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), meminta Dansektor 19 dan 20 Kodam Siliwangi serta pihak pelaksana untuk kembali melakukan tinjauan teknis dalam Program Citarum Harum.

Hal itu terungkap saat kegiatan Inspeksi Mendadak (Sidak) BBWS, TKPSDA, Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Bekasi, Bappenas serta para stakeholder lainnya ke lokasi Program Citarum Harum.

Kabid Perencanaan BBWS yang juga TKPSDA, Suwarno mengatakan, Program Citarum Harum ini merupakan segmen yang sangat besar, oleh karena itu perlu dilakukan tinjauan dengan mengundang pihak konsultan.

“Kebetulan saya punya gambarnya, punya penampang melintang semua, jadi perlu diukur lagi, jangan sampai kegiatan disini malah pengaruhnya ke yang lain,” ungkapnya di lokasi kegiatan Program Citarum Harum di Desa Karang Mekar Kecamatan Kedung Waringin.

Suwarno mengatakan, untuk daerah kali citarum ini masih kategori aman karena mempunyai bantaran yang lebar, meski demikian tetap perlu dilakukan tinjauan tidak asal digali, seperti daerah tikungan itu jangan digali tetapi harus dipertebal atau diperkuat.

“BBWS sudah punya acuan kerjanya, jadi boleh diambil (melakukan penggalian tanah) tapi harus dilakukan kajian dulu. Stabilitas tanggulnya seperti apa dan bagaimana dengan morfologi tanahnya, nah itu harus dilakukan kajian teknis dulu,” paparnya.

Di tempat yang sama, Dansektor 20 Kodam Siliwangi, Kolonel Kukuh, mengaku pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan di bantaran kali citarum seperti melebarkan sedimentasi dan melakukan peninggian serta pelebaran tanggul.

“Kedepannya masyarakat akan ikut mengelola seperti melakukan penataan dan penanaman pohon. Bahkan ada juga yang sudah menghadap ke saya untuk mengusulkan program rekreasi susut sungai dari daerah Kedung Waringin sampai Muaragembong. Jadi ada titik-titik semacam akses spot pariwisata,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pengelola menargetkan Program Citarum Harum di wilayah Kecamatan Kedungwaringin dan Kecamatan Pebayuran sudah dapat finishing sebelum memasuki musim penghujan.

Pengelola Program Citarum Harum, Aep Suherman mengatakan, untuk penambahan ketinggian tanggul antara 60 cm, 80 cm sampai satu meter. Untuk tanggul juga akan dilebarkan hingga mencapai satu meter.

“Iya kita akan kejar finishingnya di beberapa desa ini sebelum cuaca ekstrim nanti. Kami ada enam desa dulu yaitu Desa Karang Mekar, Bantarjaya, Kertajaya, Karang Haur, Sumber Sari dan Kelurahan Kertasari,” ungkapnya. (red)

Anda mungkin juga berminat