Hari Ciliwung, Sungai Adalah Atribut Surga Yang Ada Di Bumi

154

Jakarta ( Garudanews.id ) – 11 November menjadi hari yang istimewa bagi pegiat lingkungan khususnya bagi Komunitas Ciliwung, Komunitas yang fokus pada kelestarian Sungai Ciliwung dari hulu hingga Hilir.

Salah satu Komunitas yang merayakan Hari Ciliwung kali ini adalah Komunitas Ciliwung Condet yang di ketuai Abdul Khodir. Khodir memberi tema peringatan kali ini dengan ungkapan Sungai adalah atribut surga yang ada di bumi.

Peringatan hari Ciliwung ini yang ke VII kalinya dilaksanakan. Khodir menggelar acaranya dibantaran sungai Ciliwung di Bascampnya Ciliwung Condet.

Kepada Garudanews.id Abdul Khodir mengatakan, dengan adanya kegiatan peringatan Hari Ciliwung , dia berharap kepedulian masyarakat dan pemerintah terhadap kebersihan Sungai Ciliwung lebih terjaga.

” Kita berharap sungai yang dekat dengan ibukota bisa menjadi parameter kebersihan kita . Dan kami sebagai pegiat lingkungan mempunyai tanggung jawab bersama dengan pemerintah dalam mengembalikan sungai menjadi bersih. Meskipun itu juga tidak mudah” ujarnya.

Lebih jauh Khodir mengungkapkan, selain tentang kebersihan sungai , kelestarian bantaran sungai yang alami juga perlu untuk di perhatikan. ” Bicara tentang Sungai Ciliwung, tidak hanya bicara tentang airnya, namun juga bantaranya. Karena disanalah ekosistem dan keanekragaman hayatinya tumbuh. Dan disana tempat interaksi antara manusia dan sungai ” ungkapnya.

Peserta memainkan angklung yang di pandu oleh Bahar dari Komunitas Ciliwung Puncak. Foto : Cj

Acara di isi dengan diskusi dari berbagai komunitas dan instansi terkait, tampilan seni budaya dan rafting susur sungai Ciliwung.

Anda mungkin juga berminat