Geruduk PT Platinum, Warga Tuntut Berdayakan Pekerja Lokal

234

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) Puluhan warga dan Karang Taruna Desa Karang Sambung, Kecamatan Kedungwaringin, melakukan aksi demo di depan PT Platinum Ceramics, Senin (27/1). 

Dalam aksi tersebut massa menuntut pihak perusahaan untuk merekrut tenaga kerja lokal dan menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat setempat.

“Karena banyak keresahan masyarakat soal lingkungan sehingga merugikan warga sekitar. Belum lama ini Ketua DPRD Kabupaten Bekasi mengedarkan surat Perbup Nomor 9 tahun 2019 tentang penyerapan tenaga kerja lokal,” ucap Kepala Desa Karang Sambung, Try Ruly Lesamana.

Regulasi itu, kata dia, akan menjadi pedoman untuk memprioritaskan warga pribumi. Bukan hanya itu, warga juga menuntut CSR yang dikeluarkan perusahaan agar terserap kepada masyarakat.

“Kenapa kami meminta penerimaan pekerja lokal satu pintu melalui Karang Taruna, karena kami mau memberantas oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata dia.

Dengan meminta sejumlah uang, menurut dia, itu target oknum yang akan ditindak. Hasil audensi, perusahaan akhirnya menyetujui semua tuntutan dari merekrut pekerja lokal hingga penyaluran CSR.

“Jika perusahaan melanggar kesepakatan yang sudah disetujui kami akan melaporkan sesuai hukum yang berlaku,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, kedepannya masyarakat Desa Karang Sambung akan diprioritaskan, karena hal itu adalah tuntutan pokok utama masyarakat.

“Untuk persyaratan penerimaan kami ikuti aturan dari perusahaan. Bahkan kami akan memberantas oknum yang meminta uang untuk bisa masuk bekerja di perusahaan yang ada di wilayah kami,” tandasnya. (red)

Anda mungkin juga berminat