Pemerintah Diminta Buat Strategi Hadapi Hari Raya Idul Fitri 2020

274

JAKARTA (Grudanews.id) – Dalam rangka mengatasi kepadatan lalu lintas atau arus mudik yang kerap terjadi pada hari besar keagamaan, jajaran Pemerintah diingatkan untuk lebih meningkatkan koordinasi antar kementerian. Hal itu diungkapakn Anggota Komisi V DPR RI Bakri saat Rapat Kerja dengan Menhub, Menteri PUPR, dan Kepala BMKG, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa, (28/1/2020).

Ia menegaskan fenomena kepadatan lalu lintas saat hari besar keagamaan adalah rutinitas yang selalu terjadi tiap tahunnya, sehingga semestinya Pemerintah punya strategi jitu dalam menghadapi hal itu.

Terkait kepadatan yang terjadi di Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Bakri pun memberikan apresiasinya. Namun ke depan ia menitikberatkan perlu adanya koordinasi yang lebih kuat antar kementerian terkait, terutama dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2020. Hal tersebut dimaksudkan agar kemacetan bisa diurai secara lebih baik lagi.

“Saya simpulkan bahwa untuk Nataru kemarin ini memang cukup bagus dan saya apresiasi atas kerja keras Menhub dan Menteri PUPR. Tapi ketika mendengar laporan Kakorlantas ini agak sedih saya. Karena permasalahan yang terjadi ini adalah masalah yang sebelumya telah terjadi bertahun-tahun, rutin terjadi,” ujar Bakri.

Politisi PAN yang sudah duduk di Komisi V DPR RI selama 11 tahun atau dua periode lebih ini menyoroti aspek koordinasi yang perlu ditingkatkan antar kementerian dan lembaga yang terkait persoalan lalu lintas ini. Salah satu yang menjadi sorotan adalah masalah jalan rusak yang menurutnya masih sangat banyak.

“Jalan nasional banyak yang rusak, karena banyak jalan yang tak sesuai beban kendaraan yang seharusnya dilintasi. Misalnya ada jalan yang harusnya maksimal dilintasi kendaraan beban 1 ton, tapi ada kendaraan yang melintasi jalan tersebut dengan beban lebih dari berat yang ditentukan, di Jambi misalnya,” jelasnya.

Legislator dapil Jambi ini meminta jajaran Pemerintah Pusat turun tangan dalam mengatasi rusaknya di beberapa titik jalan nasional sebagai langkah untuk persiapan menghadapi arus mudik Idul Fitri 2020. Berikut juga langkah-langkah terkait penguatan tata tertib pengendara yang melintasi jalan nasional tersebut. (Mhd)

 

Anda mungkin juga berminat