Sajikan Makanan Bergizi, TP-PKK Tanah Luas Adakan Lomba Kuliner

230

LHOKSUKON (Garudanews.id) – Sejumlah ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) tingkat Desa di Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, melaksanakan perlombaan masak serba ikan dan B2SA (Bergizi Seimbang Sehat dan Aman) yang kelima kalinya.

Lomba yang dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Utara, Hj Cut Ratna Irawati SE, yang berlangsung di Balai Desa Kecamatan Tanah Luas, Sabtu (11/1/2020).

Perlombaan kuliner ini dianggarkan dari dana desa (DD) tahun anggaran 2019 dari 57 desa yang ada di kecamatan tanah luas.

Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Utara, Hj Cut Ratna Irawati SE, yang diminta tanggapannya usai acara mengatakan, untuk kecamatan tanah luas sudah diadakan selama lima kali dan juga sebagai pelopor lomba masak untuk kecamatan – kecamatan lain.

Dengan diadakan lomba kuliner seperti ini dirinya mengharapkan kepada ibu-ibu ketika mengolah makanan tidak lagi dalam bentuk asli, seperti di serba ikan, ikan tidak lagi berbentuk ikan supaya anak-anak menarik mengkonsumsi ikan.

“Jadi banyak sekarang kita berpola pikir bahwa anak-anak jangan terlalu banyak mengkonsumsi ikan , karena bisa menyebabkan cacingan. Pola pikir seperti ini harus di ubah,” ungkap Cut Ratna.

Menurutnya mengkonsumsi ikan itu menambah protein yang sangat bagus untuk perkembangan otak anak.

Dirinya juga mengharapkan agar makanan yang dihidangkan itu bergizi, berimbang sehat dan aman.

“Jadi jangan lagi makan nasi pakek Mie instan, memang kenyang sih, cuma tidak sehat. Karena dua -duanya karbohidrat, kalau terlalu banyak mengkonsumsi yang demikian akan menyebabkan hipertensi dan obesitas,” sebutnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada ibu didesa dalam hal penyajian makanan, walaupun sederhana tapi memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk anak-anak umur 12 tahun.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, ST mengapresiasi langkah Tim Penggerak PKK Desa Se Kecamatan Tanah Luas yang telah menggelar Perlombaan Kuliner Serba Ikan dan Menu Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman B2SA.

Sarjani menambahkan bahwa Lomba B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan ini untuk mendorong terwujudnya peningkatan kualitas konsumsi pangan keluarga serta menambah dan memperkaya variasi menu hidangan di keluarga sekaligus untuk mendorong terciptanya aneka menu pangan lokal.

Sarjani juga berharap agar kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara berkelanjutan oleh Tim Penggerak PKK Desa setiap tahunnya.

“Mengingat Aceh Utara memiliki banyak potensi sumber daya alam yang cukup luas dan kaya untuk dimanfaatkan sebagai bahan masakan yang sehat dan bergizi dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga,” katanya. (Syahrul)

Anda mungkin juga berminat