Anggota Polres Aceh Utara Modifikasi Motor Jadi Perpustakaan Keliling

293

LHOKSUKON (Garudanews.id) – Berupaya mengembangkan minat baca anak, anggota Polres Aceh Utara memodifikasi motor dinasnya menjadi perpustakaan keliling.

Kisah inspiratif ini datang dari Brigadir Irvan, Bhabinkamtibmas di Polsek Langkahan, Ia memanfaatkan motornya untuk membantu anak-anak di pedalaman Aceh Utara agar bisa mengakses perpustakaan.

Irvan sendiri, memodifikasi motor dinasnya sebagai perpustakaan keliling dengan memasang sebuah boks besar di belakang motor.

Boks itu kemudian diisi berbagai buku bacaan seperti buku cerita anak, buku pelajaran dan lainnya. Boks itu dibuat Brigadir Irvan dengan menyisihkan gajinya.

“Awalnya saya disangka pedagang makanan dan minuman keliling oleh anak-anak, mungkin karena boksnya, namun setelah boks dibuka dan berisi buku, anak-anak mulai mendekat untuk membaca buku,” kata Irvan, Senin (24/2/2020).

Brigadir Irvan kerap berkeliling untuk menjangkau anak-anak di daerah pedalaman pada waktu luang di antara tugasnya sebagai polisi.

“Jika saya tidak sibuk dan melihat ada anak-anak yang berkumpul saya langsung singgah dan mengajak mereka untuk membaca buku-buku yang saya bawa,” sambungnya.

Upaya yang dilakukan Brigadir Irvan ini mendapat apresiasi dari Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian, menurutnya, hal ini merupakan ide kreatif dan terobosan sebagai upaya mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Bhabinkamtibmas telah melakukan tugas menjaga Keamanan dan ketertiban masyarakat serta dalam hal ini ikut berperan mencerdaskan anak bangsa walaupun dengan pola dan cara yang sangat sederhana.

“Semoga apa yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas ini dapat memberi manfaat bagi generasi penerus bangsa dan bagi masyarkat pada umumnya,” pungkas AKBP Ian. (Syahrul)

Anda mungkin juga berminat