Demokrat Harapkan SBY Jadi Inspirasi Perjuangan

183

JAKARTA (Garudanews.id) – Peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI secara resmi dilakukan akhir pekan lalu.

Museum yang rencananya akan didirikan di Jalan Lingkar Selatan, Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Pacitan,Jawa Timur itu diproyeksikan menjadi museum kepresidenan di Tanah Air.

Selain menjadi ruang penyimpanan beragam koleksi Presiden Ke-6 RI, SBY. Bangunan monumental itu diharapkan menjadi obyek wisata edukasi sekaligus mengilhami generasi muda dan dunia internasional, terhadap perjuangan ketua umum Demokrat itu.

“Pembangunan museum ini untuk mengenang perjalan SBY sejak kecil hingga menjadi seorang presiden keenam di tanah air. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi perjuangan generasi muda saat ini dan akan datang,” ujar anggota DPRD DKI Jakarta yang ikut hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan Museum SBY-Ani, Neneng Hasanah kepada wartawan, Kamis (27/2).

Loyalis SBY ini menceritakan kunjungannya ke rumah yang pernah ditempati SBY saat masih sekolah. Kondisi rumah ketua umum partainya yang jauh dari kesan mewah, ternyata tidak membuat mantan menko Polhukam itu berkecil hati dalam mencapai cita-cita menjadi seorang pemimpin bangsa.

“Tiap sudut kamar yang ditempati SBY saat kecil pun, terkesan sangat sederhana dan penuh keterbatasan. Tapi dengan kerja keras dan kesederhanaan. SBY bisa menggapai cita-citanya,” beber ketua DPC Demokrat Pulau Seribu itu.

Rencananya, museum itu akan menampilkan dokumentasi SBY berupa foto dan video perjalanan SBY sejak kecil hingga menjadi presiden dua periode di negeri ini. “Selain itu ada pula dokumentasi kunjungan kenegaraan ke luar negeri yang dilakukan SBY bersama almarhumah Bu Ani,” imbuh anggota DPRD tiga periode itu.

Koleksi batik istri SBY, almarhumah Ani Yudhoyono, cindera mata manca negara serta koleksi-koleksi lainnya pun bakal ikut ditampilkan di dalam museum.

Luas tanah yang akan digunakan untuk pembangunan museum diperkirakan mencapai, 1,5 hektar. Museum akan dilengkapi pula sejumlah fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman dengan adanya coffe shop, taman membaca dan fasilitas lainya.”Mudah-mudahan museum SBY-Ani akan mendongkrak ekonomi masyarakat setempat dengan kedatangan wisatawan dalam dan luar negeri,” harap anggota dewan yang terpilih dari dapil Jakut.

Selain ribuan kader Demokrat dan keluarg besar SBY, groundbreaking museum SBY-Ani ikut dihadiri gubernur Jawa Timur, Bupati Pacitan serta sejumlah mantan menteri era SBY.(hnn)

Anda mungkin juga berminat