Kadistan Sumbawa Sambangi Petani di Desa Penyaring

374

SUMBAWA (Garudanews.id) – Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Sumbawa Ir. Sirajuddin turun menyambangi  petani di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa mengaku perihatin dengan kondisi petani di Desa Penyaring karena masih banyak yang belum melakukan tanam padi di areal sawah, dikarenakan intensitas hujan masih kecil.

“Saya tadi baru masuk ke lokasi ini banyak petani yang belum bisa menanam padi karena belum ada air. Dan juga jalan menuju ke kelompok tani ini  harus kita perbaiki,” ungkap Sirajuddin dihadapan puluhan perwakilan petani di Desa Penyaring (8/2/2020), Sabtu lalu.

Menurutnya, Desa Penyaring ini jika datang musim panas  tanaman milik petani  tidak bisa menanam dan begitu  jika datang musim hujan padi milik  petaninya ikut tenggelam.

“Ini artinya bahwa harus segera kita tangani seperti pembuatan cekdam untuk menampung air. Sehingga petani disini bisa dapat melakukan cocok tanam dan tidak lagi seperti ini,” tandas Sirajuddin Asn yang akrab dengan media ini.

Dijelaskannya, persoalan tersebut sebenarnya sudah lama tertangani, sejak dirinya duduk di dinas pertanian pernah diusulkan untuk penanganan petani di desa penyaring. Namun saat itu tiba- tiba ada pergeseran (Mutasi) terpaksa program yang ia gagas untuk desa penyaring terpaksa harus diundur.

“Insya Allah tahun ini kita turunkan konsultan untuk mengukur dan melihat lokasi mana nanti kita buat cekdam, penampung air dan jalan usaha tani. Karena jika hal tersebut ditangani dengan baik maka petani disini bisa melakukan penanaman dengan cepat,” harapnya.

Seperti diketahui Kadistan turun di Desa Penyaring atas permintaan dan desakan perwakilan petani yakni Ketua Kelompok Tani Unter Bayak, Kelompok Tani Ujung,

Kelompok Tani Unter Sajulak,Kelompok Tani,Satopat dan Kelompok Tani Batu Bongkang. Hadir dalam pertemuan tersebut puluhan perwakilan petani di Desa Penyaring. (hrm/hnn)

Anda mungkin juga berminat