Pemkab Aceh Utara Diimbau Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Kecamatan

385

LHOKSUKON (Garudanews.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) meminta agar pembangunan di Kecamatan menjadi skala prioritas Pemerintah Kabupaten Aceh Utara. Baik itu pembangunan infrastruktur maupun sumber dana otonomi khusus atau dana alokasi khusus (DAK).

Ketua DPRK Aceh Utara, Arafat mengungkapkan, selama ini pihaknya banyak menampung soal permasalahan  pembangunan infrastruktur jalan, namun sayangnya belum bisa tercover dengan dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Utara.

Hal tersebut dikatakan Arafat saat menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) di Dapil I yang meliputi Kecamatan Lhoksukon, Langkahan dan Cot Girek  yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Lhoksukon, Rabu (12/02/2020).

Pada kesempatan itu, Arafat juga mendorong Pemkab Aceh Utara melalui Bapeda dan Dinas PU mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi agar jalan yang tidak bisa terbangun dengan dana yang bersumber dari APBK bisa di alihkan dengan dana APBA.

“Apabila jalan yang terlalu panjang kita usulkan untuk menjadi kewenangan Provinsi. Mengingat wilayah Aceh Utara yang luas, sementara anggaran yang dimilikinya terbatas,” tandas politisi Partai Aceh itu.

Menurutnya, hal yang paling dominan dalam Musrenbang adalah jalan akses ekonomi.  Karena, kata dia, apabila jalan  kecamatan dan perkebunan bagus maka akan mempercepat roda perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu, guna mensosialisasikan usulan dari pemerintah daerah, pihaknya menyarankan agar di setiap Musrenbang, kiranya setiap Ketua Komisi yang ada di DPRK diundang.

“Kita sarankan kepada Bapeda atau Pemerintah untuk menghadirkan Ketua Komisi di DPR, supaya setiap komisi tau permasalahan yang ada di Kecamatan dan ini menjadi acuan disaat pembahasan nanti,” jelasnya.

Seperti diketahui, dalam kegiatan Musrenbang yang membahas tentang rencana pembangunan infrastruktur, pertanian dan peningkatan ekonomi masyarakat itu, dihadiri Ketua DPRK Aceh Utara, Arafat yang didampingi oleh ketua Komisi IV DPRK Aceh Utara Nasrizal.

Hadir pula, Sekda Kabupaten Aceh Utara Abdul Aziz, Kepala SKPK, Camat, Mukim dan Ketua Forum Geuchik di tiga Kecamatan dan juga anggota DPRK Aceh Utara Dapil satu. (Syahrul)

Anda mungkin juga berminat