Pemkot Bekasi Kembali Hibahkann Lahan Kepada Lembaga Vertikal

Lahan Pemkot Dihibahkan kepada Korem 051/Wkt yang digunakan oleh Kodim 0507/Bks

269

BEKASI, (Garudanews.id) – Pemerintah Kota Bekasi kembali menyerahkan asetnya kepada lembaga vertikal. Kali ini, Pemkot Bekasi menghibahkan lahan kepada Kodim 0507/Bekasi. Hal itu tertuang dalam penandatanganan berita acara hibah dan naskah  perjanjian hibah daerah lahan milik Pemkot Bekasi kepada Korem 051/Wkt yang dipergunakan oleh Kodim 0507/Bekasi pada Jumat (14/02).

“Tertib administrasi, institusi vertikal seperti koramil yang menggunakan atau dulu yang dubangun di lahan pemerintah sekarang bukunya kita pindahkan, dan sekarang kita tertibkan dan tertib sudah. di buku kita tidak ada, di buku Kodam Jaya ada, sama – sama negara,” ujar Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Sebanyak 8 bidang lahan diserahkan oleh pemkota Bekasi kepada Kodam Jaya dengan luas lebih dari 5 hektare. Ditandatangi oleh Komandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf. Susilo, Walikota Bekasi Rahmat Effendi dan pejabat pemerintahan Kota Bekasi terkait.

“Dalam menyelenggarakan pemerintahan tidak ada niat buruk, sepanjang kebijakannya untuk orang banyak. Hanya ada tinggal satu lagi yang ada di Mustika Jaya yang belum ada bangunannya,” kata Pepen.

Lahan Pemkot dengan nilaib 13,7 miliar rupiah tersebut tersebar di beberapa titik di wilayah kota Bekasi. Lahan tersebut kebanyakan sudah berupa bangunan seperti Markas Koramil 01/ Kanji dan lainnya. Dalam kegiata tersebut nampak juga hadir Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Wijonarko, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto, pejabat Eselon II lingkup pemkot Bekasi dan para Danramil, Kodim 0507/Bekasi.

Sementara itu, Danrem 051/Wkt Kolonel Inf. Susilo dalam sambutannya menuturkan bahwa penyerahan lahan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah Kota Bekasi dan sinergitas tiga pilar yang selama ini terjalin.

“Kalau semua lembaga dan pemimpinnya saling mendukung, maka rakyatnya akan percaya dan merasa aman,” kata Danrem.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0507/Bekasi Kolonel Inf. Rama Pratama mengapresiasi langkah Pemerintah kota Bekasi yang sudah menyerahkan lahannya untuk kepentingan operasinal TNI Angkatan Darat, khususnya Kodim 0507/Bekasi.

“Hibah ini sesuai, Kodim melaksanakan petunjuk dari Pangdam, dalam hal ini kita mengamankan aset, selama ini kodim sudah beroperasi sekian lama, namun setelah di cek ternyata masih banyak tanah kodim ini belum jadi milik Angkatan Darat, dan masih milik Pemkot Bekasi, oleh karena itu kami kemarin berkoordinasi dengan pemerintah kota kemudian alhamdulillah Pak Wali merespon positif sehingga pada hari ini sebagaian dari tanah tersebut sudah dihibahkan menjadi milik angkatan darat,” ungkap Dandim Rama Pratama.

Sertipikat aset tersebut nantinya akan segera diserahkan kepada TNI AD, Kodim 0507/Bekasi. Kodim 0507/Bekasi akan segera berkoordinasi dengan pemkot Bekasi. Beberapa bangunan sudah beroperasi sangat lama, jika aset tersebut masih milik pemkot, maka Angkatan Darat tidak berkewajiban melakukan pembangunan atau rehab bangunan.

“Kalau tanah tersebut tidak dihibahkan, karena berkaitan dengan pembangunan, Karena untuk membangun mengunnakan dana angkatan darat, salah satu syarat pembangunan adalah tanah tersebut harus milik angkatan darat,” pungkasnya.

Setidaknya masih ada beberapa lahan di beberapa titik yang belum dihibahkan oleh Pemerintah Kota Bekasi di beberapa wilayah. Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi juga sudah mengibahkan lahan untuk pembangunan Mapolres Metro Bekasi Kota, Kejaksaan Negeri kota Bekasi dan Departemen Agama kota Bekasi. (Mam)

Anda mungkin juga berminat