Tekan Angka Curanmor, Polsek Tambun Gencarkan Sosialisasi

169

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) – Untuk menekan angka Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) dan kenakalan remaja di tengah masyarakat, Kepolisian Sektor (Polsek) Tambun menggalakkan sosialisasi ke sejumlah perkumpulan dan majelis talim. 

Kapolsek Tambun, Kompol Siswo mengatakan, kegiatan sosialisasi ini rutin dilakukan setiap seminggu sekali dengan lokasi yang berbeda. Sosialisasi dilakukan melalui orangtua khususnya ibu-ibu karena kesehariannya lebih cenderung banyak beraktiftas di rumah.

“Setiap seminggu sekali di desa-desa. Bila ada desa yang ada kegiatan, Polsek Tambun memberikan informasi ke para orangtua tentang bahaya narkoba, bahaya berlalu-lintas untuk anak dibawah umur menggunakan sepeda motor dan rawan pencurian kendaraan bermotor (curanmor),” ungkap Kompol Siswo.

Seperti belum lama ini jajaran Polsek Tambun melakukan sosialisasi di Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Dalam kesempatan tersebut, Kompol Siswo mengimbau para jamaah untuk menggunakan kunci ganda untuk menghindari terjadinya curanmor.

“Saya juga sempat buat kuis bagi ibu-ibu yang menggunakan kunci ganda pada sepeda motornya akan diberikan hadiah, tetapi ternyata tidak ada yang menggunaka kunci ganda, karena itu untuk kesempatan pertemuan selanjutnya saya minta semuanya sudah menggunakan kunci ganda,” tambahnya.

Dirinya meminta masyarakat untuk mewaspadai terjadinya pencurian kendaraan bermotor (curanmor). “Harus safety dan jangan lupa dikunci ganda bila kendaraannya ditinggalkan,“ himbaunya.

Kompol Siswo juga menghimbau kepada ibu-ibu untuk bisa melihat perubahan sikap anak yang menggunakan narkoba biasanya spontan lebih cepat marah, dan terlalu berani kepada orangtua. Dalam pencegahannya orangtua dapat sering memeriksa keseharian aktifitas anak dikamar dengan menggunakan duplikat kunci kamar.

“Kemudian untuk anak yang sudah bisa mengendarai sepeda motor, orangtua jangan malah bangga dan memberikan fasilitas berlebihan karena rawan kecelakaan terhadap penggunaan kendaraan dibawah umur,” tandasnya. (red)

Anda mungkin juga berminat