Disebabkan Terjadinya Mutasi Virus, Pasien Sembuh Corona Bisa Terinfeksi Lagi

164

JAKARTA (Garudanews.id) – Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Robert Shinto, SpPD-KPTI mengungkapkan, pasien yang sudah sembuh dari virus Corona bisa saja kembali terpapar virus ini. Hal ini disebabkan kemungkinan terjadinya mutasi virus.

Seperti diketahui, pasien positif Covis-19 di Indonesia tercatat sudah ada 1.285 hingga Minggu, 29 Maret. Dari data tersebut, diketahui ada 64 orang yang telah sembuh.

“Virus ini baru, umurnya 3 bulan. Belum tahu karakternya 100 persen. Virus bermutasi bisa saja terinfeksi oleh strain dari virus yang sama membuat dia bisa kena virus berulang,” kata Robert dalam program Hidup Sehat di salah satu tv suwasta baru-baru ini.

Dia melanjutkan, jika pasien yang sudah terpapar virus corona ini memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, kemungkinan dia bisa terhindar dari virus.

“Kalau 100 persen virus sama, tapi punya kekebalan bisa terhindar dark virus lainnya. Tapi kembali lagi, harus diyakini apa tidak enggak ada mutasi dari komponen virus corona ini,” jelas Robert.

Melansir laman vivanews, Robert juga kembali mengingatkan pentingnya melakukan social distancing dan physical distancing untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas.

Social distancing kalau bisa tidak keluar rumah. Kalau keluar ditakutkan bisa tertular, bisa juga kita yang tidak tahu sudah terpapar kemudian masih sering keluar rumah, kita bisa jadi carrier menularkan virus ke orang lain,” kata dia. (red)

 

Anda mungkin juga berminat