Kim Jong-un Dikabarkan Meninggal

143

PYONGYANG (Garudanews.id) –  Presiden Korea Utara Kim Jong-un santer dikabarkan meninggal dunia, Minggu (26/4/2020) karena gagal dalam operasi jantung. Negeri Komunis itu pun akan dimpimpin seorang ratu Kim Yo Jong.

Kabar meninggalnya  pemimpin tertinggi Korut itu dilaporkan jaringan televisi Hong Kong. Sedangkan sebuah majalah Jepang melaporkan bahwa Kim Jong-un dalam keadaan vegetatif setelah menjalani operasi jantung awal bulan ini.

Mengutip NY Post, Minggu (26/4/2020), seorang wakil direktur HKSTV Hong Kong Satellite Television, sebuah jaringan siaran yang didukung China di Hong Kong, mengklaim bahwa Kim sudah meninggal. Laporan mengutip sumber yang mengetahui kondisi Kim Jong-un.

International Business Times melansirvkabar meninggalnya pemimpin Korut itu juga tersebar di Weibo, media sosial terpopuler di China.Laporan lain dari politikus senior China, namun belum bisa dikonfirmasi, menyebutkan bahwa Kim dalam kondisi kritis karena seorang dokter salah melakukan prosedur saat operasi bedah. Tangan dokter tersebut dalam laporan itu gemetar saat melakukan operasi.

Ratu

Kim Yo Jong dilaporkan menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Kim Jong Un. Adik perempuan Kim Jong Un ini akan menjadi ratu pertama di negara komunis.

Melansir kompas.com, dari mengemban tugas sebagai penyedia asbak saat istirahat di KTT nuklir, Kim Yo Jong kini melesat jadi salah satu tokoh terpenting Korea Utara bersama kakaknya, Kim Jong Un.

Perjalanan Kim Yo Jong ke rezim pemerintahan Korea Utara bisa dibilang dimulai pada akhir 1990-an, ketika ia bersekolah di SD Berne, Swiss, bersama Kim Jong Un. Mereka tinggal di rumah pribadi, dijaga staf dan diawasi pengawal, menurut North Korea Leadership Watch yang dikutip The Guardian Senin (20/4/2020).

Namun hanya sedikit informasi yang diketahui dari masa kecilnya, hingga akhirnya ia lulus sebagai sarjana ilmu komputer di Universitas Kim Il Sung Pyongyang pada 2007. Sejak itulah ia mulai memainkan peran kecil dalam partai yang berkuasa.

Wanita yang dikabarkan menikahi Choe Song pada Januari 2015 ini dikatakan telah terlibat dalam pengaturan suksesi Kim Jong Un sebagai pemimpin tertinggi Korea Utara, setelah Kim Jong Il menderita stroke dua kali pada 2008.

Kemudian Kim Yo Jong yang diyakini berusia 31 tahun, pada 12 April telah dipulihkan lagi ke badan pembuat keputusan utama yang menandai kenaikannya di Korea Utara.

Media Inggris The Guardian mengabarkan, Kim Yo Jong adalah otak di balik citra publik Kim yang dibangun dengan hati-hati, baik di dalam maupun luar negeri.

Sebagai imbalannya ia mendapat kepecayaan absolut dari kakaknya, dan secara tidak resmi juga menjadi kepala staf Kim Jong Un

Anda mungkin juga berminat