IPSM Aceh Utara Terus Bantu Warga Meski Tanpa Anggaran Pemerintah

224

LHOUKSUKON (Garudanews.id) – Pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM ) Kabupaten Aceh Utara selama tahun 2020 melaksanakan tugas dan fungsi PSM tanpa adanya anggaran operasional baik dari pemerintah maupun lembaga lainnya.

Muktaruddin, selaku Ketua IPSM Aceh Utara dalam pres rilisnya yang diterima media ini Minggu (03/04/2020) mengatakan, IPSM Aceh Utara Tahun 2020 tidak ada dana operasional baik dari Pemerintah maupun pihak lain yang mengikat.

Walaupun demikian lanjutnya, Pengurus IPSM Aceh Utara dan Pengurus IPSM Kecamatan dalam Aceh Utara serta TRC IPSM selalu inovatif dalam menjalankan tugas-tugas pokok menyelenggarakan kesejahteraan sosial masyarakat dan kegiatan ini tidak boleh berhenti.

“Alhamdulillah semua program yang sudah disusun dan disahkan dalam musyawarah kerja Kabupaten atau Muskerkab KE-IV Tahun 2020.

“Sehingga beberapa agenda strategis harus berjalan ditahun 2020, tanpa dana operasional,” jelas Muktar.

Dalam Musyawarah Kerja Kabupaten ada empat agenda besar yang sudah disahkan, lanjut dia, Pokja Penguatan Kelembagaan Organisasi dan hubungan antar lembaga, Pokja IPSM bedah Rumah, Pokja Aceh Utara Sejahtera dan Percepatan Musyawarah Kecamatan, Pengukuhan dan peng SK kan Pengurus IPSM Gampong.

Sehingga dalam pelaksanaan ke empat agenda tersebut diberikan kewenangan sepenuhnya kepada masing-masing Pokja untuk menjalan program serta sumber dana dalam pelaksanaan kegiata dari sumbangan sukarela anggota IPSM dan para dermawan yag tidak mengikat serta BUMN.

“Alhamdulillah masing-masing Pokja sudah mulai bergerak sejak Februari 2020 sampai dengan sekarang .Dengan melakukan Rapat Koordinasi dengan Pengurus IPSM Kecamatan serta menggandengkan beberapa lembaga lain untuk percepatan kegiatan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu selama tahun 2020 IPSN telah Membedah 5 unit rumah dengan kerja keras anggota IPSM dan TRC IPSM dengan semangat kerjasama dan gotong royong material, uang serta dana, kemudian dana yang terkumpul langsung dikelola oleh masing-masing pokja.

“Walaupun tidak ada bantuan dana dari pemerintah tapi kita bisa menghidupkan kembali semangat gotong royong.Begitu juga peningkatan ekonomi masyarakat berjalan dengan sangat baik, pemanfaatan Tanah lingkungan produktif, Ekonomi Kreatif dan Produksi rumah tangga,” katanya.

Menyrutnya, semua pokja menjalankan tugas sesuai tupoksi dan saling membantu antara satu pokja dengan pokja yang lainnya.

“Semua bekerja maksimal dan juga kita berharap semua program bisa mencapai 87 persen dari target.Sekali lagi kami tegaskan bahwa semua program tersebut menggunakan uang pribadi anggota IPSM, para dermawan dan BUMN,” tutup Muktar. (Syahrul)

Anda mungkin juga berminat