Perintah Alokasikan Anggaran untuk Menjamin Kehidupan Warga Selama Pandemi Corona

165

JAKARTA (Garudanews.id) –Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Hadiyanto, menyampaikan bahwa pemerintah sudah mengalokasikan anggaran negara untuk menjamin kehidupan seluruh warga negara di tengah pandemi COVID-19.

Implementasi tata kelola yang dijalankan pemerintah dalam penanganan COVID-19, kata dia, terlihat dalam beberapa kebijakan fiskal yang terangkum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2020.

“Ada penangguhan pajak, keringanan pinjaman bagi UMKM. Pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah pasti dalam Peraturan Pemerintah tersebut agar bisa menjamin UMKM untuk bisa mempertahankan produksi dan roda industri mereka,” kata Hadiyanto saat seminar daring Injabar Unpad dengan bertajuk “COVID 19: Respons Kebijakan, Tata Kelola Pengendalian dan Kestabilan Sosial,” pada Kamis (7/5/2029) seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan meski pemerintah pusat sudah menyiapkan kebijakan fiskal melalui Peraturan Perintah (PP). Namun demikian, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat berdisiplin untuk mencegah Virus Corona.

Menurutnya, modal yang paling utama dalam penanganan COVID-19 adalah kedisiplinan masyarakat. Jika masyarakat tidak berdisiplin, maka krisis akibat COVID-19 bukan hanya akan menimpa sektor ekonomi, tapi dapat menyerang kestabilan sistem sarana kesehatan.

“Jangan sampai kita seperti negeri Italia, di sana krisis sudah menyerang fasilitas perawatannya, sehingga dokter di sana ventilatornya hanya tersedia untuk orang yang sangat kritis,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil ini. (Red)

Anda mungkin juga berminat