Khutbah Tak Boleh Lebih 15 Menit, Sebanyak 90.000 Masjid di Saudi Kembali Dibuka

Pasca Diberlakukannya Penguncian Wilayah Selama Dua Bulan

137

RIYADH (Garudanews.id) – Di Arab Saudi, 90.000 masjid telah dibuka kembali untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua bulan, kantor berita Arab Saudi, SPA melaporkan. Para jamaah telah diperintahkan untuk mengikuti panduan ketat untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Pemerintah telah meminta jamaah  untuk menjaga jarak dua meter di antara barisan, memakai masker wajah dan membawa sajadah mereka sendiri.

Arab news melaporkan, Masjid dibersihkan dan disterilkan oleh otoritas lokal, termasuk Quran dan pemegang Quran. Kewaspadaan juga telah diambil ketika membuka pintu dan jendela selama waktu sholat dan ketika jamaah memasuki masjid.

Masjid akan dibuka 15 menit sebelum sholat dan akan ditutup 10 menit setelah sholat.

Panggilan sholat pertama pada hari Jumat akan dimulai 20 menit sebelum waktu sholat, dan masjid akan dibuka 20 menit sebelum dan akan ditutup 20 menit setelahnya.

Doa khotbah Jumat tidak boleh lebih dari 15 menit, pihak berwenang memperingatkan.

Langkah-langkah baru datang ketika Arab Saudi dan negara-negara lain di seluruh dunia mulai melonggarkan pembatasan setelah minggu jam malam dan penguncian.

Aemwntara pada Minggu (31/5/2010) kemarin, Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang telah ditutup sejak pertengahan Maret dibuka kembali untuk salat.

Para jamaah menunggu di luar gerbang, banyak yang memakai masker bedah. Ketika mereka masuk, mereka dihentikan untuk mengukur suhu mereka. (Red)

Anda mungkin juga berminat