Orang Tua Siswa Keluhkan Pungutan Biaya Perpisahan Sekolah

114

KOTA BOGOR (Garudanews.id) – Pihak Inspektorat Kota Bogor akan mengklarifikasi laporan orang tua murid terkait dugaan pungutan ratusan ribu untuk biaya perpisahan yang dilakukan pihak salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Kepala inspektorat Kota Bogor Pupung W Purnama mengatakan bahwa pihaknya akan memangil kepala sekolah untuk mengklarifikasi soa imformasi dari laporan orang tua murid.

“Kami akan mendalami dulu permasalahan terhadap sekolah dasar neger terkait. Karna itu pengakuan orang murid dan tidak ada bukti kwintansi secara tertulis,” ujar Pupung saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/6/2020).

Masih kata Pupung, kalau sesuai aturan Permendikbud sah-sah saja selagi sumbangan orang tua dan tidak ditentukan nominalnya.Selain itu berdasarkan kesepakatan orang tua murid dan tidak ada yang kompelin.

“Apa lagi sumbangan itu meyangkut kebutuhan sekolah,” jelas Pupung.

Terpisah kepala sekolah mengakui adanya pungutan tersebut oleh komite sekolah. Namun kegiatan perpisahan itu ditiadakan disebabkan adanya pandemi Covid-19. Oleh karena itu pihak sekolah berjanji akan mengembalikan sumbangan tersebut, kepada orang khususnya siswa kelas 6.

Sebelumnya, komite sekolah berjanji mengembalikan uang iuran perpisahan sekolah. Namun sangat disayangkan sampai saat ini belum memperlihatkan bukti pengembalian uang tersebut kepada orang tua siswa.

Wali Kota Bogor Dedie A Rahim saat diminta tanggapan mengenai pungutan tersebut mengaku akan koordinasi dengan dinas terkait.

“Terima kasi atas informasinya. Dan saya akan kordinasikan segera dengan dinas terkait,” tegasnya. (Dod)

Anda mungkin juga berminat