Bermodal Senpi Rakitan, Dua Tersangka Curat Beraksi Di Tiga Lokasi Di Bekasi

227

KABUPATEN BEKASI,(Garudanews.id) – Polres Metro (Polrestro) Bekasi mengungkap kasus kepemilikan senjata api, senjata tajam dan pencurian dengan pemberatan (curat) sepeda motor di wilayah hukum Polsek Cikarang, Kecamatan Cikarang Utara, di Mapolrestro Bekasi, Senin (6/7).

Dalam kejadian tersebut, korban inisial MDM memarkirkan sepeda motor dengan Nomor Polisi B 4660 FUL di depan warnet MPV Games dengan posisi dikunci stang, kemudian masuk kedalam warnet untuk bermain games pada tanggal 4 Juli 2020 jam 10.30 WIB.

Saksi I dengan inisial FN yang sedang makan di seberang warnet melihat seseorang yang mencurigakan atas nama IBA disamping kiri motor milik korban sedang merusak kontak sepeda motor korban dengan menggunakan kunci Letter T.

Kemudian Saksi I bergegas mendekati pelaku sambil memiting leher pelaku, tetapi pelaku berhasil melepaskan diri dan berlari menuju teman pelaku berinisial DE yang menunggu di sepeda motor Honda Street warna hitam.

“Namun saat hendak melarikan diri kedua pelaku terjatuh dan saksi lain menabrak kedua pelaku hingga terjatuh kembali,” ungkap Kapolrestro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan kepada para awak media.

Kemudian salah satu pelaku mencoba lari sambil membuang senjata api rakitan warna silver namun berhasil diamankan warga sekitar dan dibawa ke Polsek Cikarang guna pengusutan lebih lanjut.

Selanjutnya pelaku dibawa anggota opsnal untuk mencari pelaku yang lain. “Terhadap tersangka dikenakan Pasal 1 dan 2 ayat 1 UU Darurat No. 12 Tahun 1951 dan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 12 tahun,” ungkap Kapolres.

Di tempat yang sama, Polrestro Bekasi juga menyampaikan pengungkapan kasus pencurian sepeda motor (curanmor) yang sedang diparkir atas nama pelaku M dengan lokasi di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukasari, Kecamatan Serangbaru pada tanggal 10 Juni 2020.

Dalam melakukan aksinya, pelaku menggunakan kunci Letter C yang sudah dipersiapkan. Setelah berhasil merusak dan menghidupkan sepeda motor, pelaku kemudian membawa motor hasil curian ke arah Jonggol, dan menjual hasil curian tersebut ke saudara E dengan harga Rp3 juta.

Karena perbuatan pelaku terekam CCTV, tim Opsnal Reskrim berhasil mengungkap dan mengenal ciri pelaku, sehingga pada pada tanggal 19 Juni 2020 ketiga pelaku berhasil ditangkap di Kampung Menteng Puncak Dua Bogor.

“Dari pengakuan kedua tersangka dirinya sudah lebih dari 15 kali melakukan aksi pencurian di wilayah Serangbaru, Cibarusah dan Cikarang Selatan,” ungkap Kapolrestro Bekasi.

Sementara pada tanggal 14 Juni 2020, Polsek Cibarusah berhasil mengamankan pelaku yang hendak melakukan pencurian sepeda motor di Kampung Warung Doyong Desa Sukabungah Kecamatan Bojongmangu.

Pada saat itu warga yang curiga dengan pelaku yang mengendarai sepeda motor warna merah putih mondar mandir, melaporkan kejadian itu ke Binmaspol lalu memberhentikan kendaraan sepeda motornya. Saat itu pelaku mencoba melarikan diri, namun berhasil ditangkap warga dan menemukan kunci Letter C.

“Pelaku mengakui perbuatan melakukan curanmor sebanyak dua kali. Pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara diatas lima tahun,” tandasnya. (red)

Anda mungkin juga berminat