CFD Ke-2 Masa Adaptasi Tatanan Hidup Baru, Pemkot Bekasi Siapkan 500 Rapid Test

330

BEKASI, (Garudanews.id) – Car Free Day ke-dua sejak masa adaptasi tatanan kehidupan baru pada masa pandemi Covid-19 nampak dipadati masyarakat. Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto dan Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Wijonarko ikut serta dalam CFD di jalan Jend.A. Yani, kota Bekasi pada Minggu (12/07).

Pemkot Bekasi juga menyediakan cek kesehatan secara gratis kepada warga yang ingin mengetahui kesehatannya pada masa pandemi global. Selain itu, kepatuhan protokol kesehatan dalam CFD juga menjadi perhatian serius bagi Pemkot Bekasi untuk mengurangi penyebaran wabah covid-19 di kota Bekasi yang saat ini kembali naik.

Water Cannon milik Polres Metro Bekasi Kota dan Mobil Pemadam Kabakaran milik Pemkot Bekasi semprotkan cairan disinfektan di lokasi CFD kota Bekasi jalan. Jend. A. Yani pada Minggu (12/07)

“Prioritas pertama ialah akan kita lakukan penyisiran terkait dengan orang-orang yang ada di kawasan CFD ini yang tidak menggunakan masker, jadi ada petugas kita yang memutar dan mamantau warga di sekitar CFD ini,” kata Tri.

Pemerintah Kota Bekasi menyiapkan 500 sample Rapid Test bagia warga yang ingin memeriksakan dirinya. Jika reaktif dalam menjalani Rapid Test, maka warga yang bersangkutan akan mendapat tes lanjutan yaitu swab Test.

“Karena ini gratis bagi mereka yang memang berkeinginan untuk mengetahui tubuhnya dalam keadaan sehat, karena kita tahu bahwa sekarang ini lebih banyak orang tanpa gejala atau otg,” tambah Tri.

Sinergitas tiga pilar Kota Bekasi terus berkoordinasi untuk mengurangi dampak dari wabah yang sudah menjadi Pandemi global.

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Wijonarko menuturkan bahwa personil yang diterjunkan dalam pengamanan dan pengawasan pada CFD kali ini mencapai 698 personil gabungan dari TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP.

“Ini merupakan hasil evaluasi dari CFD sebelumnya, dimana para personil kita tempatkan di 12 titik pintu masuk ke CFD, kemudian 13 lokasi kegiatan himbauan, 28 titik pengalihan arus serta 7 kita tempatkan mobil-mobil penerangan di lokasi yang diharapkan masyarakat dapat mendengar,” kata Kapolres.

Setidaknya ada 11 ribu masyarakat tumpah pada kegiatan Car Free Day pada Minggu 12 Juli 2020. Dalam pelaksanaannya, Polres Metro Bekasi Kota koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Bekasi

“Ini juga upaya untuk menjaga imunitas bagi warga masyarakat, kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, dimana dalam pelaksanaannya harus menggunakan masker, mudah-mudahan upaya yang kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat kota Bekasi,” tandasnya.

Seperti biasa, sebelum kegiatan Car Free Day dilakukan, penyemprotan disinfektan dilakukan di lokasi CFD. Mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi dan Water Cannon milik Polres Metro Bekasi Kota diterjunkan untuk melakukan sterilisasi.(Mam)

Anda mungkin juga berminat