Libur Idul Adha, ASDP Prediksi Lonjakan Penumpang

108

JAKARTA (Garudanews.id) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi lonjakan penumpang pada libur Lebaran Idul Adha 2020 yang jatuh pada Jumat (31/7/2020). Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan lonjakan diprediksi terjadi dikarenakan Hari Raya Idul Adha tahun ini saat akhir pekan.

“Ini libur panjang jatuh pada Jumat, kami duga ada peningkatan penumpang 30 persen dari Jumat sebelumnya pada masa pandemi Covid-19,” kata Ira dalam konferensi video, Rabu (29/7/2020).

Ira merinci akan terjadi peningkatan signifikan pada kendaraan roda dua sekitar 2.800 unit. Peningkatan tersebut khususnya diprediksi akan terjadi di empat pelabuhan utama yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Pada periode libur Lebaran Idul Adha 2020, Ira memastikan kapasitas kapal terpasang juga memadai. Dengan asumsi kenaikan trafik 30 persen dibanding hari normal akibat pandemi Covid-19, Ira menegaskan kapasitas muatan kapal yang terpasang memadai sekitar 44,75 persen.

Ira menjelaskan dengan adanya prediksi lonjakan penumpang tersebut, ASDP memastikan layanan kepada penumpang akan berjalan dengan baik. Dia menegaskan, ASDP juga sudah menjual tiket kapal penyebrangan penumpang secara online melalui aplikasi dan laman resmi Ferizy.com, khususnya di lintasan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

“Dengan Ferizy di empat pelabuhan tidak lagi beli tiket di pelabuhan, tiket bisa dibeli mulai H-60 hari sebelum keberangkatan hingga tiga jam sebelum keberangkatan,” jelas Ira, dilansir dari republika.

Ira menuturkan bagi calon penumpang yang tidak memiliki handphone android atau IOS maka dapat membeli tiket melalui Alfamart. Dia menegaskan hal tersebut dapat membantu mengatasi antrean di pelabuhan jika ada lonjakan penumpang.(qq)

Anda mungkin juga berminat