Jangan Sampai Ketinggalan, Pendaftaran SMAN Jarak Jauh Tawangmangu Mulai Dibuka

349

KABUPATEN KARANGANYAR (Garudanews.id) – Gerak cepat Disdik Jawa Tengah untuk memberi solusi bagi siswa – siswi Kecamatan Tawangmangu yang mau masuk sekolah negeri bener – bener dilakukan. Hari ini diadakan pertemuan perwakilan wali murid, Disdik dan jajaran Guru SMA N Karangpandan.

Hal tersebut dilakukan guna merealisasikan keinginan wali murid Tawangmangu agar anaknya bisa masuk sekolah negeri.

Saat di konfirmasi Garudanews.id, Bupati Karanganyar membenarkan hal tersebut.

“Betul, tadi ada pertemuan untuk membuka kelas jarak jauh yang sementara menginduk ke SMAN Karangpandan,” ujar Yuli.

Dalam tahap awal pendaftaran peserta didik sementara di batasi 2 kelas dengan masing masing berisi 36 siswa, artinya ada 72 siswa baru yang akan menjadi siswa perdana di SMA N jarak jauh.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar, Drs. Tarsa mengatakan, pihaknya hanya membantu memfasilitasi ruang belajar sementara.

“Kami selaku Dikbud Kabupaten posisinya hanya membantu memfasilitasi ruang belajar sementara. Nanti bekas gedung Sekolah Dasar Negeri 3 Tawangmangu akan menjadi ruang belajar sementara,” ungkapnya.

Terkait masalah kuota dan sistem pendaftaran, Tarsa mengatakan, diserahkan pada Kelurahan dan Kecamatan Tawangmangu.

“Mengenai perekrutan siswa dan kuotanya ditentukan oleh Kepala Desa, Lurah dan Camat setempat,” tandasnya.

Aziz, salah satu Staff Desa Kelurahan Tawangmangu saat di hubungi garudanews.id terkait kuota siswa mengatakan, masing-masing Desa/Kelurahan mendapatkan jatah 7 siswa, sedang Kelurahan Tawangmangu mendapat kuota 9 siswa.

“Di Tawangmangu ada 7 Desa dan 3 Kelurahan. Untuk kuota siswa masing masing Desa/Kelurahan mendapat jatah 7 orang, kecuali Kelurahan Tawangmangu mendapat 9 orang,” ujarnya.

Untuk pendaftaran dimulai tanggal 30 Juni sampai 6 Juli 2020.

“Dari hari pertama pendaftaran kemarin, Selasa (30/06/2020), sudah ada beberapa warga yang menanyakan tentang pendaftaran siswa baru tersebut. Syarat pendaftaran melampirkan KK, Foto 4×6 (4 lembar), Nilai Ijasah dan di daftarkan melalui Kelurahan/Desa masing – masing. Itu nanti juga di lihat dari besar kecil nilainya juga,” terangnya.

Dengan adanya sekolah SMA Negeri jarak jauh yang masih menginduk ke SMAN Karangpandan ini, minimal membuat lega warga Tawangmangu.

Kedepan mereka punya harapan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri dan dekat dari jangkauan, yang otomatis juga bisa memperingan biaya sekolah. (Cj/Yos/Cq/Fz)

Anda mungkin juga berminat