Anggota DPR RI dan Kementrian PUPR Tinjau Lokasi Jalan Pelang-Batu Tajam

680

KETAPANG  (Garudanews.id) – Anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Ketapang dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Boyman Harun bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau ruas jalan Pelang-Batu Tajam.  Di mana jalan tersebut merupakan poros jalan utama yang menghubungkan empat belas Kecamatan dan 199 Desa pedalaman yang berada di wilayah utara dan selatan Kabupaten Ketapang.

Jalan tersebut selain diakses oleh masyarakat pedalaman menuju ibu kota Kabupaten Ketapang dan ibu kota provinsi Kalimantan Barat tersebut juga merupakan ruas jalan yang sangat strategis. Karena selain dilalui oleh 14 Kecamatan pedalaman dari  total 20 Kecamatan se-Kabupaten Ketapang tetapi juga menghubungkan beberapa lintasan kabupaten lainnya diluar provinsi Kalimantan Barat antara lain provinsi Kalimantan Tengah.

Pengamat sosial Erri Amri mengungkapkan, jalan Pelang-Tumbang Titi yang dulunya berstatus jalan provinsi tersebut dari beberapa periode dan berganti muka Gubernur Kalimantan Barat dan Bupati Ketapang tidak tersentuh pembangunan. Bahkan, hingga saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

“Meski ruas jalan dimaksud sudah beberapa kali dianggarkan pembangunannya melalui APBD Kabupaten Ketapang di antaranya pada APBD Tahun Anggaran 2019 sudah digelontorkan oleh Pemda Kabupaten Ketapang sebesar Rp56,4 miliar namun karena kontraktor pelaksana pekerjaan yang tidak berkompeten dan diduga nakal sehingga jalan itu tidak bertahan lama,” ujar Erri kepada media ini, Jumat (7/8/2020).

Selain itu kata Erri, kurang ketatnya pengawasan tekhnis dari SKPD terkait, sehingga kondisi jalan tersebut kembali rusak parah. Akibatnya, Pemda Ketapang menjadi bulan-bulanan masyarakat dengan berbagai cemoohan dengan segala versi.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Ketapang dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Boyman Harun untuk kesekian kalinya melakukan kunjungannya dalam rangka reses di Kabupaten Ketapang selalu menyampaikan kepada masyarakat bahwa pihaknya akan memperjuangkan soal status jalan tersebut menjadi jalan nasional.

“Kami akan berusaha memperjuangkan ruas jalan Pelang-Batu Tajam menjadi jalan nasional. Sehingga dapat dianggarkan melalui APBN,” kata pria yang akrab disapa Bang Boy ini. (Amn/Hnn)

 

Anda mungkin juga berminat