Bersama Tiga Pilar, Koramil 01/Tebet Lakukan Reboisasi Cegah Banjir

286

JAKARTA, (Garudanews.is) – Bantaran kali merupakan daerah vital rawan menimbulkan banjir jika meluap. Hal tersebut dapat dicegah dengan reboisasi atau penanaman kembali pohon di bantara kali seperti yang dilakukan jajaran Koramil 01/Tebet di bantaran Kali Ciliwung, RT 010 RW 09 kelurahan Kebon Baru, Tebet Selatan pada hari Jum’at (07/08).

“Penanaman pohon ( buah – buahan ) atau reboisasi ini sangat penting, karena bisa menahan air hujan agar tidak langsung hilang begitu saja dan dapat menahan erosi atau tanah longsor disamping itu juga buahnya bisa dinikmati oleh warga lingkungan,” ujar Danramil 01/Tebet Mayor Inf. Siswo Prandoko dalam sambutannya.

Selain Koramil 01/Tebet, bersama tiga pilar lainnya ikut serta dalam penanaman pohon tersebut. Camat Tebet , Lurah Kebon Baru bersama jajaran, Tokoh Masyarakat karang taruna serta instansi terkait ikut dalam kegiatan itu.

Berbagai pohon buah ditanam di bantaran Kali Ciliwung yang pada musim penghujan sering kali meluap dan menimbulkan banjir di sekitarnya akibat minimnya daerah serap air. Dengan adanya reboisasi tersebut diharapkan mampu meminimalisir potensi luapan air di Kali Ciliwung tersebut.

Danramil 01/Tebet Mayor Inf. Siswo Prandoko bersama 3 pilar sedang tanam pohon di bantaran Kali Ciliwung.

“Semoga dengan program baksos ini bisa bermanfaat untuk lingkungan, alhamdulillah warga lingkungan sangat antusias dan semangat apalagi PPSU, dan semoga program ini bisa diikuti dan berlanjut. Kami juga ucapkan terima kasih atas sumbangsih dari tokoh masyarakat Kebon baru H. Rio sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan aman,” pungkas Danramil 01/Tebet.

Setidaknya 45 personil gabungan dari 3 pilar bahu membahu menanam pohon di area kali Ciliwung. Mitra Jaya 01, FKPPI Rayon Tebet dan PPSU Kebon Baru juga ikut ambil bagian. (Mam)

Anda mungkin juga berminat