Masyarakat Pesisir: Basis Pengembangan dan Pembangunan Ekonomi

138

Oleh: Rusdianto

Pembangunan Kabupaten Sumbawa perlu ada akselerasi ide, gagasan, dan kecerdasan serta kerja-kerja cerdas untuk menjawab tantangan dan harapan masyarakat yang ingin mengetahui seputar kemaritiman .

Mencoba pertimbangkan visi pembangunan aspek kemaritiman Sumbawa sehingga kedepan lebih mudah untuk mengelola, merencanakan dan pemanfaatan sumber daya lautnya.

Kami harapkan ide dan gagasan ini sebagai perluasan semangat dalam berbagai kegiatan di Sumbawa untuk memberikan dampak bukti manfaat nyata konservasi bagi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi wilayah Sumbawa.

Syarat dari rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Samawa sebagai Pusat Integrated Aquarium and Marine Research Teluk Saleh harus melalui pertimbangan matang yang wajib melibatkan warga masyarakat lokal.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Samawa sebagai Pusat Integrated Aquarium and Marine Research Teluk Saleh itu haru bernilai kemanfaatan bagi kemandirian usaha kelautan dan perikanan baik nasional, daerah dan lokal seperti: nelayan, pembudidaya, industri rumahan, manufaktur, olahan hasil laut dan lainnya sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir menjadi target terpenting yang diutamakan.

Untuk mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Samawa sebagai Pusat Integrated Aquarium and Marine Research Teluk Saleh itu, maka ada 3 konsep, yakni: Smart City, Digital Fisheries, Konektivitas Ekowisata Bahari.

Kabupaten Sumbawa sangat urgen mendorong perekonomian masyarakat pesisir dengan mengembangkan wisata berbasis desa sebagai lanskap pembangunan ekonomi.

Pengembangan wisata bahari berbasis desa pesisir perlu dilakukan karena dapat memberi nilai tambah ekonomi melalui jasa jasa lingkungan ekosistem atau budaya pesisir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pengembangannya, masyarakat didorong untuk berperan aktif sebagai pelaku usaha dengan memanfaatkan jasa ekosistem kelautan dan perikanan.

Sementara itu, desa pesisir Sumbawa memiliki potensi daya tarik wisata alam, buatan, budaya dan potensi kunjungan wisata dari pemerintah daerah, ketersediaan fasilitas dasar dan adanya komitmen dari kelompok masyarakat.***

Anda mungkin juga berminat